Kenang Negeri dengan Lari Karung dan Makan Krupuk

Bagikan Bagikan


ANGIN sepoi-sepoi mengelus lembut warga RT V dan RT IX Timika, Distrik Mimika Baru, Kelurahan  Dingo Narama, Kabupaten Mimika. Sang surya  malu-malu kucing bersinar diantara bentangan awan hitam dilangit biru. Suasana alam yang sangat bersahabat itu bagai sedang mengisyaratkan alam ikut bersukacita bersama warga RT V dan RT IX, dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Sehingga, warga kedua RT itu bersukaria tanpa hambatan menghayati HUT RI ke 72, 17 Agustus 2017 tingkat RT dengan kegiatan lomba lari karung, menggigit kelereng dengan sendok, dan lomba makan kerupuk bagi anak-anak tingkat SD.

Suasana semakin hingar bingar ketika grup ibu-ibu dan bapak-bapak ikut berlomba menggigit kelereng dan lari karung. Kegiatan menggigit kelereng dan lari karung yang biasanya hanya bagi anak-anak. Perayaan HUT RI ke 27, 17 Agustus di Komplek warga RT V yang bergabung dengan warga RT IV. Kelompok para bapak-bapak dan ibu-ibu pun ikut meramaikan suasana.  “Awas..., jangan sampai rok-rok ikut lari. Ma...ma bangun lagi!” teriak anak-anak dan para bapak-bapak yang mengundang gelak tawa.

Menurut Ketua panitia lomba, Ny. Nova Bangun Butar-Butar, kegiatan lomba lari karung, menggigit kelereng, makan krupuk untuk kelompok bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak tingkat SD dan remaja, dalam rangka mengenang dan menghayati HUT RI ke 27, 17 Agustus 2017 di RT V dan RT IX. Sumber dananya dari spontanitas warga kedua RT itu.

“Kami spontanitas saja kumpulkan uang. Jadi, semua warga dengan sukarela mengumpulkan uang untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Saya bersyukur semua warga ikut terlibat. Saya bangga sekali. Dan warga kedua RT ini saya sangat mengapresiasi spontanitas mereka,” tuturnya berapi-api.

Dia juga menyebutkan tujuan kegiatan itu selain mengenang HUT RI ke 72 tahun ini. Juga, kami ingin menunjukan ketulusan semua warga dari berbagai suku bangsa yang tinggal di RT V dan RT IX dari sabang sampai Merauke bisa membaur dan bersatu padu sebagai sesama saudara sebangsa se tanah air. Dan kegiatan ini pula dalam rangka memupuk toleransi dan menjalin silaturahmi sesama warga dan tetangga rumah.

“Saya bangga dan sangat apresiasi kepada semua warga RT V dan RT IX bisa spontan menyelenggarakan kegiatan mengenang dan merayakan HUT RI ke 72 hari ini. Nanti malam semua warga dua RT akan makan bersama. Masing-masing keluarga akan membawa beras satu kilogram dan laut disatukan untuk makan malam bersama,” katanya. (Fidel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment