Kodim Biak Bedah Rumah Anggota Veteran

Bagikan Bagikan



SAPA (BIAK) - Markas Kodim 1708 Biak, Papua melakukan program renovasi bedah rumah bagi 20 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah tinggal yang layak huni.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Yakob Rumpaidus dihubungi di Biak, Minggu (27/8) mengatakan, ia berterima kasih mendapatkan program bedah rumah dari pemerintah melalui Kodim 1708 Biak Numfor dan PT Semen Indonesia karena dapat menjawab kebutuhan veteran.

"Program bedah rumah anggota veteran sangat menyentuh dan memberikan harapan hidup bagi eks pejuang perintis kemerdekaan untuk menikmati hidup hari tua," ungkap pemegang lencana perintis kemerdekaan RI.

Ia mengatakan, sesuai data jumlah anggota LVRI dan janda veteran di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten pemekaran Supiori mencapai 150 orang.

Dari seratusan veteran dan janda yang masih hidup hingga saat ini, menurut Yakob, sebagian besar sudah berusia lanjut dan tinggal bersama keluarga di kampung.

"Kondisi anggota veteran saat ini sangat bergantung dengan perhatian kepedulian pemkab dan instansi TNI/Polri serta program CSR BUMN untuk membantu pemenuhan hidup keseharian," ungkap Yakob yang pernah ditahan bersama Soekarno di Boven Digoel 1950.

Yakob berharap, program bedah rumah untuk anggota veteran dan janda setiap tahun harus direaliasikan pemerintah daerah sehingga dapat memberikan kelayakan hiudp bagi mantan pejuang perintis kemerdekaan RI dalam mengisi waktu hari tuanya.

Ketua LVRI Biak Yakob mengakui, program lain yang juga diterima eks pejuang perintis kemerdekaan berupa pemberian tunjangan hidup bagi perintis kemerdekaan.

Berdasarkan data dari 150-an anggota veteran bernaung dibawah organisasi LVRI Biak-Supiori hingga 2017 sangat dominan tinggal di berbagai kampung untuk menikmati hari tua bersama cucu dan anak. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment