Komisi X DPR Pantau Pendidikan Tinggi Papua

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Komisi X DPR melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual dan berbagai persoalan di lapangan tentang pelaksanaan kebijakan pembangunan nasional bidang pendidikan tinggi pada wilayah Bumi Cenderawasih.

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah, di Jayapura, Selasa (1/8), mengatakan kunker tersebut juga untuk mendapatkan masukan secara langsung terkait pokok-pokok substansial lainnya yang dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi komisi terkait.

"Kami juga ingin mendapatkan penjelasan secara langsung dari para Rektor dan Kopertis XIV di Papua mengenai gambaran umum pembangunan, perkembangan, kendala serta permasalahan Kemenristekdikti berbagai bidang," katanya yang juga ketua tim.

Menurut Ferdiansyah, permasalahan Kemenristekdikti di antaranya program beasiswa Bidikmisi dan segala jenis beasiswa, BOPTN, program hibah pembinaan PTS, sertifikasi dosen dan penghargaan guru besar, akses dan mutu pembelajaran serta standar sarana prasarana pendidikan lainnya.

"Sebagai DPR, terdapat fungsi pengawasan, sehingga kami juga memiliki Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dibentuk untuk memetakan kekuatan dan kelemahan dasar hukum terkait perumusan serta pelaksanaan SNPT," ujarnya.

Dia menjelaskan panja ini juga berfungsi untuk mengkaji secara holistik dan komprehensif fungsi serta peran SNPT dalam menopang peningkatan mutu pembelajaran, penelitian juga pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh PT di Indonesia.

Tim kunjungan kerja Komisi X DPR RI terdiri dari beberapa anggota yakni Marlinda Irwanti (Fraksi Partai Golkar Dapil Jateng X), Mohamad Suryo Alam (Fraksi Partai Golkar Dapil Jatim VIII), Venna Melinda (Fraksi Partai Demokrat Dapil Jatim I), Amran (Fraksi PAN Dapil Sulses III), Ledia H. Amaliah (Fraksi PKS Dapil Jabar I).

Tim kunjungan juga didampingi mitra kerja dari Kemenristekdikti, Kemenpar, Kemenpora, Kemendikbud, Bekraf dan Perpusnas RI. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment