Kredit Macet Karyawan Freeport Rp 15,9 Miliar

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Timika, Sukarno mengungkapkan, jumlah kreditur  macet karyawan PT Freeport Indonesia dan perusahaan privatisasinya terhitung sejak Juni hingga Juli 2017 kian bertambah.  Pada Juni  terdapat 28 kreditur dan memasuki akhir Juli bertambah menjadi 58 kreditur dengan total nilai kredit macet mencapai Rp 15,9 miliar.

“Untuk Agustus ini kami belum mendapatkan laporannya,” kata Sukarno ketika diwawancara usai menghadiri acara peluncuran  Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2017 di Bolbaigo, Keuskupan Timika, Jalan Cenderawasih, Jalur SP 2, Senin (28/8).

Sukarno menjelaskanpihak bank melakukan langkah pemblokiran rekening karyawan tersebut agar pada saat pesangon para karyawan tersebut masuk, maka langsung dipotong sesuai dengan tagihan kredit.

Namun menurut Sukarno jumlah pesangon karyawan yang akan dibayarkan oleh perusahaan tidak mampu  melunasi tagihan kredit  para karyawan Freeport dan perusahaan privatisasinya.

“Uang pesangon sebagaian besar karyawan itu tidak bisa menutupi kewajiban untuk membayar bunga kredit di bank,” ujar Sukarno.

Sukarno menegaskan, jumlah total dana yang dikeluarkan pihak BRI untuk kredit karyawan sebesar Rp 210 miliar. Karena kredit yang diberikan berupa kredit dengan jaminan gaji bulanan, maka ketika karyawan bersangkutan dinyatakan putus hubungan kerja dengan perusahaan, maka semua haknya akan diblok oleh BRI untuk menutupi kewajibannya.

“Kalau pesangon tidak menutupi kewajiban di BRI, maka mereka harus menutupi semuanya. Kalau tidak diselesaikan, maka seumur hidup nama mereka akan tercatat sebagai pengkredit macet. Nama karyawan tersebut akan terpengaruh di seluruh bank di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya pada awal Agustus lalu, Kepala Cabang Bank Papua di Timika Andrianto Agus Purnomo mengatakan Direksi Bank Papua akan menemui manajemen PT Freeport Indonesia guna mencari solusi kredit bermasalah akibat banyaknya karyawan yang berhenti kerja.

Bank Papua belum mau menyebut berapa besar potensi kredit bermasalah akibat berhentinya ribuan karyawan PT Freeport yang juga tercatat sebagai debitur bank tersebut sebagai buntut dari pemogokan yang mereka lakukan sejak 1 Mei lalu.

"Kami belum bisa simpulkan. Yang jelas kami terus melakukan pendekatan dengan pihak perusahaan untuk dapat menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Andrianto mengakui beberapa waktu lalu menutup sementara akses rekening karyawan PT Freeport dan karyawan perusahaan subkontraktor Freeport yang terlibat aksi mogok kerja.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi Bank Papua terhadap terjadinya kasus kredit bermasalah yang lebih besar. Sebab ribuan karyawan yang mogok tersebut (versi perusahaan yaitu bukan lagi sebagai karyawan karena dianggap mengundurkan diri secara sukarela
) kini tidak lagi mendapatkan gaji dan tunjangan-tunjangan lainnya.

"Tentu logis kalau kami melakukan penutupan sementara. Ini sebagai tindakan kehati-hatian bank. Yang menjadi agunan mereka, kan gaji. Ketika karyawan itu tidak kerja, maka jaminan itu bisa terganggu," jelasnya.

Bank Papua secara resmi telah menghentikan penyaluran kredit tanpa agunan kepada karyawan PT Freeport dan perusahaan subkontraktornya sejak 20 Februari 2017.
  Hingga kini kebijakan itu masih tetap berlanjut.

"Yang kami hentikan yaitu kredit konsumtif kepada karyawan permanen Freeport dan karyawan perusahaan privatisasi. Tapi kalau mereka memiliki usaha lain di luar, mereka bisa mendapatkan pelayanan kredit lainnya, seperti kredit modal usaha," jelas Andrianto.

Bank Papua termasuk salah satu dari tiga bank terbesar yang menyalurkan kredit kepada karyawan PT Freeport Indonesia dan karyawan perusahaan subkontraktor (privatisasi) Freeport.

Total dana kredit yang dikucurkan oleh Bank Papua kepada karyawan PT Freeport dan perusahaan subkontraktornya mencapai lebih dari Rp
 500 miliar.

Jumlah karyawan PT Freeport dan perusahaan subkontraktor Freeport yang menjadi nasabah Bank Papua sebanyak lebih dari 3.000 orang.

Dua perbankan lain yang juga tercatat menyalurkan kredit dalam jumlah cukup besar kepada karyawan PT Freeport dan subkontraktornya yaitu Bank Mandiri dan CIMB Niaga.
 (Acik/Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

19 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  2. Hari yang baik,
    Nama saya Marcu Dorlca, saya berasal dari Rumania. Saya ingin memberi kesaksian tentang pemberi pinjaman yang baik yang menunjukkan kepada saya terang setelah dia dikenali oleh dua kreditur internasional yang berbeda di Internet, semuanya berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah mereka membuat saya membayar banyak pajak dan mereka tidak memberi saya apa-apa dan Tidak memiliki hasil positif. Saya telah kehilangan uang hasil jerih payah saya dan itu adalah total (3.000 euro). Suatu hari saya browsing internet terlihat bingung dan frustrasi, maka saya menemukan sebuah kesaksian dari seorang Wanita yang juga scammed dan akhirnya terikat dengan kredit yang sah dan dapat diandalkan Nyonya Alicia Radu (aliciaradu260@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil Pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya dirampok dari dua kreditor berbeda yang tidak lebih dari sekadar memberi saya rasa sakit. Saya jelaskan kepada mereka melalui email. Mereka menyuruh saya berhenti menangis karena saya akan mengambil pinjaman saya dari perusahaan mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah menyelesaikan formulir pinjaman dan saya telah melakukan semua yang telah saya minta dan saya mendapat pinjaman sebesar (25.000,00 euro) oleh perusahaan hebat ini. Disini saya senang dengan keluarga saya hari ini karena ibu Alicia Radu telah memberi saya pinjaman, jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya. Saya pikir orang lain juga bersaksi dan kreditor sama. Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat? Mohon dan cepat hubungi ibu melalui e-mail: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (marcudorlca750@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. Menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan Bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, Dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, namun saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melesat ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak Tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  4. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dilepaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email:. (Alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya
    Nama saya lismawati djumarding, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Lindy Smith, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 850 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Lindy bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Mrs. Lindy melalui email: lindysmithloanfirm@gmail.com.
    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: lismawatidjumarding@gmail.com
    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    ReplyDelete
  6. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari sana karena jumlah kredit yang rendah, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman Nyata yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami. melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu. kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami memberikan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi baik dengan suku bunga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Apakah Anda seorang pria atau wanita, Anda mencari pinjaman untuk mengembangkan bisnis Anda
    Atau membayar bisnis atau hutang Anda sendiri, tagihan, sewa rumah Anda? Jika ya, maka apakah kita memiliki pinjaman jawaban Anda sebesar € 15.000,00 (€) sampai Maksimum € 500.000.000,00 (€) dengan masa jatuh tempo yang dapat Anda bayar, dan jenis pinjaman apa pun, yang harus diminta pelanggan: * Pinjaman Pribadi * Bisnis Pinjaman * Pinjaman Pribadi 2% bunga, asalkan minat untuk informasi lebih lanjut menghubungi email (boltonmicrofinance@gmail.com).

    ReplyDelete
  9. Halo Nyonya, christabel walter, pemberi pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%.
    kami memberikan pinjaman usaha,
    Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil, pinjaman usaha, pinjaman rumah sakit dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    butuh pinjaman
    Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Anda langsung melalui email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Nyonya: christabel walter
    Email: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

    Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (evelynaustinloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  10. (VICK MARALOAN FIRM COMPANY)
     
    Hola soy la Sra., Vick mara, un prestamista préstamo legítimo y fiable a los préstamos
    en términos y condiciones claras y comprensibles al tipo de interés del 2%. de
    USD $ 12,000 a $ 8,000,000, euros y libras solamente. Yo doy préstamos comerciales,
    Préstamos personales, préstamos estudiantiles, préstamos para automóviles y préstamos para pagar las facturas. si tu
    necesito un loana2
       usted tiene que hacer es para que usted me contacte directamente
    En: (vickmara3@gmail.com)
    Dios te bendiga.
    Sinceramente,
    Señora: vick mara
    Correo electrónico: (vickmara3@gmail.com)

    Nota: Toda la respuesta se debe enviar a: (vickmara3@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. Kabar baik '' kabar baik '' kabar baik '' '' '
    Apakah Anda memerlukan pinjaman nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika demikian, jangan khawatir lagi karena @ MORGANSTE LOAN FIRM, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan pinjaman kompleksitas bagi individu, perusahaan, entitas bisnis, dan masyarakat umum yang serius dan serius dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. Hubungi layanan pelanggan kami
    Email: morgansteloanfirm@gmail.com
    Viber: +14848318733
    Whatsapp: +14848318733

    Untuk respon cepat dan cepat ....
    Silahkan mengisi formulir aplikasi di bawah ini:
    DATA PEMOHON:
    1. Nama
    2. Negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman yang dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Sudahkah anda mengajukan lamaran dan telah ditolak? Jika begitu
    11. Jika Anda menolak memberikan alasan. .........................................

    ReplyDelete
  12. Halo semuanya,

    Saya adalah Hobelman Jaroen pemberi pinjaman pinjaman pribadi dengan reputasi Good Working, hobelmanfinance@gmail.com Terapkan hari ini jika Anda memerlukan pinjaman darurat dari perusahaan terkemuka, dengan kondisi dan hubungan kerja yang baik, maka Anda harus menghubungi kami karena kami menawarkan pinjaman dengan harga terjangkau. tingkat bunga 3% dan pekerjaan anda bersama kami akan menjadi pengalaman yang baik. Jika anda berminat, hubungi kami melalui email: hobelmanfinance@gmail.com

    Teks Atau Panggil +17816567138
    hobelmanfinance@gmail.com
    Pak Hobelman Jaroen

    ReplyDelete
  13. Halo, semua orang, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya yang miskin dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

     Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah menipu 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah dalam hal kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke Teman saya untuk saran bagaimana cara mendapatkan pinjaman secara online, kami membicarakannya dan kesimpulan yang kami ceritakan tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan CEO Theresa Loan.Company

     Saya mengajukan pinjaman dengan jumlah pinjaman (800 juta) dengan tingkat bunga rendah 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan untuk transfer dana. Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doaku dengan memerintahkan kreditur saya dengan kredit nyata saya, yang bisa memberi hati saya keinginan.

    Banyak terima kasih kepada Nyonya Theresa untuk membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi terima kasih banyak karena Anda meluangkan waktu untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Saya beri nama martini, Anda bisa menghubungi saya untuk mendapatkan lebih banyak referal melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com atau fatma via feyzilfatma@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  16. A harus membaca dan berbagi Anda dapat membantu seseorang hidup hari ini,

         Saya Mr Jackson Thomas saya sedang mencari pinjaman tujuh ratus ribu euro untuk memulai sebuah rencana bisnis yang merupakan impian saya untuk melakukan saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman yang tidak dapat mereka tawarkan kepada saya karena saya tidak memiliki agunan untuk mendapatkan semacam pinjaman sehingga suatu hari saya akan melalui internet itu ketika saya melihat sebuah posting tentang pinjaman, bahwa nama pemberi pinjaman Mr Alexander menawarkan pinjaman padanya, saya menghubungi dia segera dan mengajukan pinjaman sebesar 3000 euro untuk mengkonfirmasi hal itu jika benar dia menawarkan pinjaman saya membayar kembali dalam 1 bulan setelah proses pinjaman dipindahkan ke saya, saya mendapat 3000 euro setelah 2 minggu saya membayar kembali segala hal dan mengajukan pinjaman sebesar 700000 euro dan saya menjelaskan kepadanya dan dia pahami saya dan karena itulah dia mentransfer pinjaman ke akun saya dan hari ini saya memiliki bisnis saya dan saya heppy.

    Hubungi perusahaan pinjaman di email Alexanderloancompany9@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman atas impian Anda yang akan datang

    ReplyDelete
  17. Halo,
    Saya adalah Ibu Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi pinjaman kesempatan hidup
    Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan? Kami dapat membantu Anda
    Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2%
    Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Apakah Anda mencari dana untuk melunasi Kredit dan Utang?
    Apakah Anda mencari uang untuk membayar tagihan?
    Apakah Anda mencari dana untuk memulai bisnis baru?
    Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pembiayaan yang buruk?
    Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di beberapa bidang spesialisasi
    yang akan menguntungkan Anda? Dan Anda tidak tahu harus berbuat apa.
    Kami menawarkan pinjaman berikut di bawah ini,
    Pinjaman pribadi [aman dan tidak aman]
    Pinjaman usaha [aman dan tidak aman]
    Pinjaman kombinasi
    Pinjaman siswa
    Perbaikan rumah
    Pinjaman Inventor
    Pinjaman Otomatis
    Pinjaman konsolidasi, dll ...

    Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (oliviadaniel93@gmail.com) untuk mulai berinvestasi untuk masa depan Anda hari ini.

    ReplyDelete
  18. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    ReplyDelete
  19. Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan saksama. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dengan kreditur kreditur legit, saya telah menderita di tangan kreditor internet palsu di situs-situs tertentu, saya telah mengajukan beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Saya merasa sakit karena hutang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman agar bisa menghasilkan hutang yang lebih besar. Saya senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dialah yang memberi tahu saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN LOAN FIRM, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi saya sangat senang saat pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah mendaftar. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan stabil secara finansial saat saya menulis pesan ini. Jadi jika ada di antara Anda yang mengajukan permohonan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman nyata, yang lain salah. Ikuti saja semua prosedur di Nicole Morgan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjamannya, jadilah bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi ibu Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga supaya saya bisa memberikan lebih banyak informasi dan panduan hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete