Legislator Diminta Menyetujui Raperda Hari Jadi Asmat

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asmat diminta untuk menyetujui dan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hari Jadi Kabupaten Asmat menjadi peraturan daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Asmat, Brent Jensenem, Sabtu (19/8). Selaku pimpinan dewan, kata Brent, pihaknya memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah menginisiasi pertemuan bersama tokoh-tokoh masyarakat guna menetapkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Asmat.

“Setiap kabupaten/kota tentu punya sejarahnya masing-masing, mulai dari dibentuk hingga bertumbuh dan berkembang. Oleh karena ini, kita di Asmat juga perlu menetapkan hari jadi untuk mengingatkan kehadiran kabupaten ini,” kata Brent.

Ia menambahkan, pihak eksekutif sudah mengajukan Raperda tentang Hari Jadi Kabupaten Asmat untuk dibahas dalam sidang APBD Perubahan, belum lama ini. Raperda tersebut  perlu disetujui dan ditetapkan anggota legislatif dari fraksi-fraksi.

“Hari jadi Kabupaten Asmat akan ditetapkan dalam peraturan daerah. Pemerintah memang perlu memberikan pengakuan terkait perjuangan awal masyarakat yang mengaspirasikan pembentukan kabupaten ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah setempat menetapkan tanggal 11 Desember sebagai hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Asmat. Mulai 11 Desember tahun ini, pemerintah bersama masyarakat di kabupaten itu bakal memperingati dan merayakan hari jadi Kabupaten Asmat.

Penentuan tanggal hari jadi kabupaten itu melibatkan sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan Lembaga Masyarakat Adat Asmat (LMAA).

“Ini akan didokumentasikan dan ditetapkan sebagai peraturan daerah. Suatu saat anak dan cucu kita akan mengetahui kehadiran dan sejarah keberadaan Kabupaten Asmat,” kata Bupati Elisa

Menurut dia, tanggal 11 Desember ditetapkan sebagai HUT Kabupaten Asmat berdasarkan masukan sejumlah tokoh, yang mana mengacu pada tanggal penetapan Undang-undang Nomor 26 tahun 2002 tentang Pemekaran.

“Tokoh masyarakat, tokoh adat, LMAA dan pemerintah sudah menyetujui tanggal tersebut. Selanjutnya diusulkan dalam sidang perubahan anggaran non APBD tahun ini, dan itu akan ditetapkan oleh DPRD. Ini akan menjadi dasar hukum bagi kita untuk memperingati hari jadi Kabupaten Asmat,” imbuhnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment