Lemasko Akan Luncurkan Motor Patroli Laut

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) -  Rencananya, usai peringatan HUT RI ke 72 pada tanggal 17 Agustus mendatang, Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) akan meluncurkan motor patrol. Motor patroli nantinya untuk melakukan pengawasan wilayah laut pesisir dari timur mencakup wilayah Nakae hingga wilayah barat Waripi.

Wakil Ketua I Lemasko, Gregorius Okoare kepada Salam Papua, Kamis (10/8) malam pekan kemarin mengatakan, tahapan awal Lemasko akan meluncurkan satu unit motor patroli berpakapasitas mesin 750 PK.

Tugas utama kapal motor ini melaksanakan patroli pengawasan di perairan, dan akan bekerjasama dengan Lanal Timika dan Polairud Polres Mimika. Nantinya jika ditemukan nelayan yang beroperasi tanpa izin lembaga adat, maka kapal dan seluruh perlengkapannya akan disita.

“Lembaga akan bentuk tim untuk melaksanakan patrol, supaya bisa mendukung moratorium yang telah dilaksanakan pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Itu berarti kalau ada nelayan yang berani masuk wilayah tangkapan nelayan lokal, akan diberikan sanksi,” kata Gery sapaan akrab Gregorius Okoare.

Rencananya juga peluncuran motor patroli ini akan dihadiri seluruh stakeholder seperti PT. Freeport Indoneisa maupun Pemkab Mimika dan mitra Lemasko lainnya. Agar mereka bisa mengetahui bersama bahwa Lemasko memiliki tekad dalam menjaga hak ulayat, sebab dalam Undang-undang telah diatur jangkauan tangkapan bagi nelayan lokal dan non lokal, dengan peralatan canggih maupun peralatan sederhana.


“Kalau memang ditemukan nelayan luar yang tanpa ijin, maka masyarakat berhak untuk menyita semua peralatan. Karena operasional tanpa izin berarti mencuri,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment