Malaria dan Ispa Dominan Akibat Cuaca Ekstrim

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena mengatakan, akibat cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini di Kota Timika dan sekitaranya, paling banyak pasien yang datang untuk berobat di RSUD karena terserang penyakit Malaria dan Ispa.

Menurut Luky, kedua penyakit tersebut memang selalu menjadi yang dominan di alami masyarakat ketika curah hujan yang tinggi melanda.

“Pada umumnya dengan kondisi iklim pancaroba seperti ini yang lebih menonjol penyakit Ispa dan Malaria, dan itu terbukti, yang menonjol melakukan pengobatan di RSUD adalah karena kedua penyakit tersebut,” kata Luky di Timika, Jumat (25/8).

Dijelaskan Luky, jumlah pasien yang berobat di RSUD dan menderita penyakit Malaria dan Ispa meningkat hingga puluhan pasien. Jumlah peningkatan pasien tersebut terjadi setiap harinya baik untuk rawat inap maupun rawat jalan.

“Setiap hari jumlah pasien meningkat kurang lebih hingga 30 pasien yang berobat di RSUD, untuk pengobatan Ispa dan Malaria. Untuk rawat jalan jika dengan rawat inap, ada 50 pasien,” jelasnya.

RSUD melakukan penanganan terhadap pasien kedua penyakit tersebut sesuai dengan standar medis yang ada. Masyarakat diimbau agar sekiranya yang tidak terlalu darurat alangkah baiknya mendatangi Puskesmas terdekat, agar jaraknya lebih terjangkau dan lebih cepat untuk di layani.

“Dari tim medis juga selalu menyarankan kepada para pasien, hal-hal terkait kesehatan dasar bagi para pasien sebelum kondisinya lebih parah,” tuturnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment