Menuju PON 2020, Tiga Tungku Harus Mulai Dinyalakan

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA)Dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, diperlukan kebersamaan dan kerja sama yang kuat serta akurat antara tiga tungku, yaitu panitia PON, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). "Ketiga tungku yang terdiri dari Panitia PON, Disporapar dan KONI mulai sekarang harus sudah nyala di semua Kabupaten yang ditunjuk sebagai klaster penyelenggara termasuk Kab Mimika," demikian dikatakan Ketua Harian KONI Mimika Dance Nere kepada Salam Papua, Senin (14/8), di Timika Jaya SP2.

Kata Dance, jika ketiga tungku tersebut tidak bekerja sama maka PON di Papua tidak akan berhasil. Oleh karena itu, mulai sekarang Panitia PON Kabupaten, Disporapar dan KONI harus mulai menggelorakan semangat olahraga dengan tujuan yang sama untuk mewujudkan PON 2020, di mana Papua sebagai tuan rumah.

Menurut Dia, tungku pertama selaku panitia PON mulai sekarang harus sudah menyiapkan fasilitas penyelenggaraan PON termasuk rencana atau master plan penyelenggaraan PON di Mimika sebagai klaster penyelenggara yang sudah dipercayakan oleh provinsi. Sementara itu tungku kedua yakni Disporapar dari sekarang sudah mulai menyiapkan infrastruktur olahraga termasuk pengelolaanya. "Dengan persiapan yang matang dari sekarang maka PON 2020 akan sukses," katanya.

Sedangkan tungku tiga, sambung Dantje, lebih pada prestasi. KONI bisa bergerak dari sekarang untuk menyiapkan atlet-atlet di seluruh Cabang Olahraga (Cabor). Sehingga nantinya bisa menjadi atlet Papua bahkan menjadi atlet nasional yang mewakili Indonesia di kanca internasional di kemudian hari. "Sehingga atlet yang ada harus didorong dan dipersiapkan dari sekarang agar ketika sampai PON nanti kita sudah memiliki bibit-bibit yang dapat diandalkan, "katanya.


Sebagai ketua harian KONI Mimika, dia mengharapkan agar ketiga tungku tersebut sudah bisa bergerak, karena waktu yang semakin dekat. "Jadi kalau tidak kita matangkan persiapan sekarang maka kita akan kewalahan saat hari H nanti," katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment