P2MA-PTP Siap Dukung TNI-Polri

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Pusat Pengendali Masyarakat Adat Pegunungan Tengah Papua (P2MA-PTP) wilayah Mimika, menyampaikan siap membantu dan mendukung TNI dan Polri mengamankan dan menertibkan masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Kami mau jalankan seperti biasa orang adat, kita mau membantu keamanan dan ketertiban di Papua sini,” kata Ketua P2MA PTP, Agustinus Somau, dalam pertemuan sekaligus jumpa pers bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, beserta lembaga adat dan beberapa ketua paguyuban di Mimika, Senin (21/8), di Restoran Oriental Kuala Kencana.

Berkaitan persoalan antara pekerja non karyawan dengan manajemen PT Freeport pada Sabtu (19/8) yang menimbulkan gangguan keamanan dan keresahan di masyarakat, Agustinus mengatakan P2MA-PTP mendukung langkah kepolisian dalam menegakkan hukum positif.

“Tidak boleh terjadi keributan  dengan Freeport. Karena Freeport ini dapur umum, Freeport ini menampung kepentingan banyak orang,” kata Agustinus.

Sementara itu, John Faidiban selaku perwakilan masyarakat adat wilayah Saireri yang tergabung dalam P2MA-PTP mengatakan, tujuan utama lembaga P2MA-PTP adalah untuk membantu aparat keamanan dan pemerintah di Mimika mengamankan daerah. Terkait masalah aksi anarkis massa non karyawan, P2MA-PTP telah berkumpul dan membicarakannya.

“Kemarin kejadian itu kami sudah berkumpul untuk membicarakan bagaimana bisa mengamankan daerah ini. Sekaligus ada undangan lagi untuk pertemuan dengan bapak Kapolda dan bapak Pangdam untuk membicarakan masalah keamanan. Kita semua menginginkan supaya daerah ini aman untuk kita semua yang datang dari semua wilayah-wilayah yang ada,” kata John Faidiban.

Pada kesempatan ini juga, John Faidiban mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus membantu dan mendukung pihak keamanan dalam hal ini TNI-Polri, dalam upaya-upayanya menjaga situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Mimika.

“Kepada seluruh masyarakat dari seluruh wilayah adat yang ada di daerah Mimika ini untuk mendukung keamanan yang ada di sini, terutama juga untuk mendukung pembangunan yang ada di Mimika,” kata John. (Red)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment