Papua Dorong Pengusaha Investasi Rumput Laut

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi Papua mendorong pengusaha di wilayahnya untuk berinvestasi pada budi daya rumput laut sehingga terus menggenjot produksinya di beberapa kabupaten.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua F.X. Mote di Jayapura, Kamis (3/8), mengatakan bahwa potensi rumput laut di wilayahnya sangat besar sehingga pengelolaannya harus dengan baik.

"Kami menginginkan adanya investor yang bergerak di sektor usaha rumput laut untuk berinvestasi di Papua. Pasalnya, potensi rumput laut di Bumi Cenderawasih cukup bagus," katanya.

Menurut Mote, pihaknya juga terus menggenjot produksi rumput laut sehingga dapat memasarkan hasil panennya ke luar Provinsi Papua.

"Budi daya rumput laut di Kabupaten Biak, Supiori, dan Kepulauan Yapen sangat bagus dan perlu dikembangkan lagi karena budi daya yang dilakukan masyarakat sekarang ini masih untuk konsumsi lokal saja," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah melatih para petani rumput laut untuk melakukan pengolahan lebih tertata lagi. Namun, pihaknya harus mengakui jika untuk ekspor rumput laut Papua belum bisa berkelanjutan.

"Jadi, untuk ekspor per bulan Papua belum bisa walaupun sudah banyak permintaan. Oleh karena itu, kami mendorong peningkatan produksi dengan melakukan pelatihan agar rumput laut Papua mempunyai kualitas yang baik dan sesuai dengan standar," katanya lagi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung mendorong Pemprov Papua untuk membudidayakan rumput laut guna dijadikan salah satu komoditas ekspor utama dari Bumi Cenderawasih. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment