Pemerintah Bangun Delapan BTS di Asmat

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian setempat membangun beberapa base transceiver station (BTS) atau stasiun pemancar sinyal telepon di sejumlah kampung.

Kepala Dinas Infokom Kabupaten Asmat, Jamaluddin mengatakan, pemerintah merencanakan pembangunan delapan BTS, lima di antaranya sedang dikerjakan. Tiga lainnya akan dibangun pada bulan Oktober mendatang.

Menurut Jamaluddin, pembangunan delapan stasiun pemancar sinyal telepon tersebut sebagai upaya pemerintah untuk membuka akses telekomunikasi serta penyebarluasan informasi dan komunikasi.

“Apalagi pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo gencar membuka akses telekomunikasi dengan meluncurkan program pembangunan BTS. Yang lima BTS itu sedang dalam tahap pembangunan di bulan ini,” katanya.

Jamaluddin mengatakan pembangunan lima BTS pada bulan ini berlokasi di Kampung Kamur Distrik Pantai Kasuari, Kampung Basim Distrik Fayit, Kampung Kumoro Distrik Ayip, Kampung Jinak Distrik Suator, dan Kampung Ayam Distrik Akat.

Ia menjelaskan, pembangunan lima BTS itu setelah pihaknya mengajukan permohonan kepada Kementerian Informasi dan Komunikasi (Infokom) beberapa waktu lalu.

“Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat terus mendorong keterbukaan atau akses telekomunikasi di Kabupaten Asmat. Sehingga aksebilitas daerah kita semakin terbuka,” terangnya.

Pemerintah juga melalui Program Merah Putih berencana membangun tiga BTS tambahan pada bulan Oktober mendatang. Tiga stasiun pemancar sinyal telepon itu rencananya dibangun di Kampung Sagare Distrik Awuyu, Kampung Binam Distrik Suator dan Kampung Ewer Distrik Agats.

“Itu rencananya pada bulan Oktober 2017. Ya mudah-mudahan semuanya terealisasi, supaya jaringan atau sinyal telepon di daerah kita semakin baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, pemerintah setempat berupaya mendorong berbagai kegiatan pembangunan di daerah itu. Di antaranya membuka akses komunikasi, transportasi, kesehatan dan infrastruktur.


“Sarana prasarana serta infrastruktur di Asmat kita prioritaskan. Kalau itu sudah baik, orang-orang akan lebih sering datang ke Asmat dan mengenal daerah ini,” katanya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment