Pemerintah Cetak Sawah 3500 Hektar di Asmat

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian mulai ‘melirik’ potensi pertanian di Kabupaten Asmat dan berencana membuka lahan cetak sawah seluas 3500 hektar  pada tahun 2018 mendatang.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, Kementerian Pertanian berencana membuka sawah cetak seluas 3500 hektar di Distrik Fayit dan Distrik Ayip pada tahun 2018. Program tersebut didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kementerian PUPR akan mengembangkan daerah rawa di Distrik Fayit dan Ayip. Sehingga rawa-rawa yang berada di dua distrik itu menjadi pasokan air bagi pertanian. Irigasinya akan dibangun baik,” kata Elisa.

Kabupaten Asmat memiliki prospek di bidang pertanian. Terutama ketersediaan air dan lahan di kampung-kampung yang sangat cukup, sehingga menurutnya dapat mendukung pengembangan pertanian.

“Tidak semua daerah Asmat ini adalah perairan dan rawa-rawa, ada dataran yang bisa kita manfaatkan sebagai lahan pertanian. Selama lima tahun ke depan, pemerintah akan menggenjot itu, katanya.

Untuk pengembangan tanaman padi di Awyu, katanya, perlu didukung mekanisasi. Pemerintah pusat juga perlu mengalokasikan alat-alat pertanian di kabupaten tersebut agar pembangunan pertanian lebih efektif dan efisien.

Dalam tahun ini, kata dia, beberapa program dari Kementerian Pertanian seperti program percepatan penanaman serempak dan peningkatan produktivitas melalui bantuan 10 unit traktor dan 10 pompa air.

“Tapi kita harapkan alat-alat pertanian bisa ditambah agar pengembangan pertanian di daerah ini semakin terpacu,” ujarnya.

Selain di Distrik Fayit dan Ayip, tambah Elisa, pemerintah juga memfokuskan pengembangan pertanian di Kampung Sagare Distrik Awyu. Di kampung tersebut telah dibuka lahan sawah seluas 40 hektar dan didukung dengan irigasi yang memadai.

“Tenaga ahli pertanian dari Kementerian Pertanian sudah ke Sagare untuk melakukan survey, dan hasilnya sangat dimungkinkan Distrik Awyu menjadi daerah lumbung pangannya Kabupaten Asmat,” imbuh dia. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment