Pemkab Asmat Diminta Bangun Balai Kampung

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten Asmat melalui instansi terkait diminta untuk membangun balai kampung di sejumlah kampung yang belum memiliki gedung tersebut. Selama ini, kampung yang belum memiliki balai menyelenggarakan musyawarah di rumah adat Jew.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kampung Aswet, Distrik Agats, Yulianus Besmbai, Rabu (30/8). Katanya, dengan adanya balai kampung, perencanaan pembangunan melalui musyawarah dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kami sudah usulkan kepada Pak bupati agar dibangun balai kampung. Ini sangat penting, terutama untuk merencanakan dan menyusun program pembangunan bersama masyarakat,” kata Yulianus.

Ia mengungkapkan, dari 223 kampung di Kabupaten Asmat, tidak semua desa memiliki balai. Pemerintah perlu menyediakan bangunan tersebut. Selain meminta pembangunan balai kampung, Yulianus juga minta dibangunkan rumah kepala kampung.

“Kami di Aswet tidak ada balai dan rumah kepala kampung. Kalau pertemuan untuk kegiatan pemerintah dan berbagai hal di kampung itu dilakukan di rumah jew. Harusnya ada balai,” katanya.
Menurutnya, hal itu sudah disampaikan langsung kepada Bupati Elisa Kambu dalam sebuah pertemuan bersama. Bupati sudah menanggapi dan mencatat aspirasi tersebut. Diharapkan pemerintah bisa merealisasikannya.

“Apalagi kami tiga kampung yakni Aswet, Syuru dan Kaye merupakan pintu gerbang. Kami berada di dalam kota, jadi perlu diperhatikan sarana prasarana itu,” tuturnya.

Terkait rumah kepala kampung, Yulianus mengungkapkan, selama ini ia tidak berani menerima tamu karena rumah pribadinya tidak representatif. “Apalagi banyak orang. Seperti tadi, sekdis turun saya tolak, karena memang rumah sudah gubuk,” ujarnya.

Sementara Kepala Kampung Kaye, Albertus Ombercum meminta agar instansi teknis perlu mendorong atau menambah berbagai sarana prasarana seperti pendidikan dan kesehatan di kampung-kampung.


“Di setiap kampung harus ada bidan, guru dan tenaga-tenaga pendamping. Aktivitas persekolahan dan pustu harus diawasi, sehingga aktif,” pintanya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment