Pemkab Biak-KPU Segera Teken Dana Pilkada

Bagikan Bagikan



SAPA (BIAK) - Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus Oktovianus Mansnembra mengatakan Pemkab Biak dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menandatangani perjanjian dana hibah untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 2018.

"Tim anggaran Pemkab Biak dengan Badan Anggaran DPRD akan menuntaskan pemberian dana hibah pilkada untuk KPU, ya dalam pekan ini naskah perjanjian hibah daerah sudah ditandatangani bersama," kata Markus di Biak, Kamis (24/8).

Ia mengatakan ketersediaan dana hibah penyelenggaraan pilkada menjadi paling penting untuk menyukseskan tahapan program pilkada Biak Numfor 2018.

Untuk tahap awal Pemkab Biak, menurut Markus, sudah mengalokasikan dana penyelenggaraan pilkada Rp5 miliar yang siap disalurkan ke KPU.

Markus berharap komisioner KPU Biak Numfor dapat menjalankan tahapan pilkada 2018 sesuai dengan agenda dan jadwal yang sudah disusun secara Nasional.

Menyinggung besaran dana pilkada diajukan KPU, menurut Markus, sesuai pengajuan KPU sebesar Rp55 miliar tetapi jumlah ini masih perlu dirasionalisasikan terutama menyangkut pembiayaan penyelenggara pilkada.

"Pilkada serentak 2018 bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua sehingga ada sebagian biaya penyelenggara dibayar KPU provinsi, ya ini masih menjadi bahan masukan tim anggaran Pemkab dengan badan anggaran DPRD," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilhan Umum Biak Jackson Maryen berharap penyaluran dana hibah pilkada 2018 perlu direaliasikan mengingat KPU telah melaksanakan tahapan pilkada.

"Waktu penandantanganan dana hibah pilkada serentak 2018 harus dipercepat karena menjadi kesiapan KPU dalam menjalankan semua tahapan program pilkada," katanya.

Pengajuan dana pilkada 2018 Rp55 Miliar atau naik dibandingkan dengan dana pilkada 2014 sebesar Rp39 miliar. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment