Pemprov Agendakan Penggalakan Kembali Poskamling

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua rencananya akan kembali menggalakan program pos keamanan lingkungan (poskamling), pasalnya fungsi dan peran aktif satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) sudah tidak kelihatan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Papua Alex Korwa, di Jayapura, Jumat (25/8), mengatakan diharapkan dengan digalakannya poskamling, keadaan dan kondisi wilayah Bumi Cenderawasih akan semakin aman.

"Selain itu, Pemprov Papua terus berupaya melalui beberapa program kegiatan dalam rangka membina dan membentuk satlinmas di setiap tingkatan baik dari provinsi sampai di tingkat kampung dan kelurahan," katanya.

Menurut Alex, pihaknya mengharapkan satlinmas dapat menjadi pelopor dan penggerak di tengah-tengah masyarakat demi terwujudnya kerjasama yang sinergi antara pemerintah daerah dengan instansi terkait yakni TNI, Polri dan tokoh masyarakat, RT/RW serta untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tenteram dan aman di Tanah Papua.

"Satpol PP juga dituntut untuk menyiapkan diri guna melaksanakan tugas dalam mengamankan pilkada serentak pada 2018, sesuai amanat yang dituangkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan satlinmas dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

Dia menuturkan untuk itu, kepada TNI dan Polri dapat menopang dan mendukung keamanan mulai dari kampung dan kelurahan, juga dapat mendukung tugas-tugas anggota satlinmas di poskamling-poskamling pada kabupaten/kota, karena perkembangan situasi politik ini dapat menimbulkan kerawanan konflik internal di tengah-tengah masyarakat.

"Kewaspadaan dini masyarakat juga perlu ditingkatkan untuk menepis segala provokasi dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab," katanya.

Dia menambahkan satlinmas adalah organisasi bentukan pemerintah desa/kelurahan, beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman juga ketertiban. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment