Penghuni Lapas Bersih-Bersih Kota

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-72 di Kabupaten Mimika 17 Agustus mendatang, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Timika menggelar aksi bersih-bersih kota. Aksi dilakukan mulai dari seputaran wilayah Bandara Mozes Kilangin hingga pada beberapa titik pembuangan sampah dalam wilayah dalam Kota Timika.

Kepala Lapas Timika, Usman M, A.Md., IP., SH saat ditemui dihalaman Graha Eme Neme Yauware, Jumat (11/8) mengatakan,pihaknya melibatkan sebanyak 21 orang penghuni lapas pada kegiatan ini. Menurutnya, keterlibatan penghuni lapas membuktikan bahwa mereka juga memiliki kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan hal ini bukan hanya dilakukan menjelang peringatan HUT RI, melainkan pada hari-hari biasanya saat berada didalam lapas juga demikian.
Kegiatan bersih-bersih kota yang dilakukan, kata Usman, di akomodir oleh Dinas Tata Kota (Distako).

“Mereka (Penghuni lapas-Red) kami izinkan selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu supaya bersama-sama dengan petugas kebersihan dari Distako. Sebab mereka juga merupakan warga NKRI yang harus berpartisipasi dalam menjaga kebersihan,” kata Usman.

Usman menjelaskan, kegiatan seperti ini merupakan bentuk pembinaan bagi warga binaan lapas untuk ikut bermayarakat dengan warga Mimika lainnya, Salah satunya bersama-sama dalam kegiatan bersih-bersih kota.

"Ini merupakan kali pertama, dan memang bertepatan dengan akan dilaksanakannya hari kemerdekaan RI. Kami cukup apresiasi juga, karena pihak Pemkab Mimika menyambut baik kegiatan ini," jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kabid Kebersihan Distako, Hengky Selitubun. Ia mengatakan Distako sangat mengapresiasi antusiasme pihak Lapas Timika untuk ikut andil dalam memeriahkan peringatan HUT RI. Serta memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan khususnya di Kota Timika.

"Kita sangat apresiasi sekali kerjasama ini, dan menyambut baik niat baik dari warga binaan untuk membersihkan kota kita," ungkap Hengky.

Dalam melaksanakan kegiatan bersih-bersih kota ini, Distako menyiapkan armada truk untuk mengangkut sampah. Sementara untuk pekerjaan membersihkan sampah, semuanya dilakukan oleh warga binaan Lapas Timika.

"Kami sediakan armada bagi mereka antar jemput, dan memang kami harapkan melalui kegiatan ini setiap sudut Kota Timika bisa lebih indah lagi, karena sudah bersih, ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment