Polisi Temukan Ladang Ganja di Pegunungan Bintang

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Kepolisian Resor Pegunungan Bintang Provinsi Papua menemukan ladang ganja seluas dua hektare di Distrik Oksop, setelah menerima laporan dari masyarakat.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Juliarman Pasaribu kepada wartawan di Jayapura, Selasa (22/8), mengatakan ladang ganja itu ditemukan warga masyarakat pada Senin (21/8) yang kemudian dilaporkan ke Polres Pegunungan Bintang.

Setelah menerima laporan, anggota kepolisian kemudian menuju lokasi dan menemukan 781 batang pohon ganja, 128 pohon di antaranya sudah dipanen.

Untuk mencapai ladang ganja itu, kata Pasaribu, harus berjalan kaki sepanjang tiga kilometer setelah menumpang kendaraan selama satu jam perjalanan.

Dari hasil penelitian terungkap kualitas ganja yang ditemukan di Pegunungan Bintang lebih bagus dibanding Aceh.

"Kalau di Aceh daunnya dikenal dengan nama daun lima jari, sedangkan di Pegunungan Bintang adalah daun sembilan jari," kata Pasaribu.

Kapolres Pegunungan Bintang itu mengakui penyalahgunaan narkoba khususnya ganja sudah melibatkan para pelajar bahkan ada dugaan ganja asal Pegunungan Bintang sudah diselundupkan ke Papua Nugini (PNG).

"Saat ini kami melakukan kerja sama dengan seluruh kepala kampung dan distrik sehingga diharapkan mereka mau membantu menginformasikan bila ada ladang ganda di wilayahnya, mengingat dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya," katanya.

Sebanyak 653 batang pohon ganja itu saat ini sudah diamankan di Mapolres Pegunungan Bintang di Oksibil. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment