Potensi Atlet Mimika Masih Tersembunyi

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua menilai bahwa potensi atlet di Mimika belum digali secara baik. Padahal menurut dia, potensi anak-anak Amungme-Kamoro (Amor) sangat banyak dan bagus untuk dimunculkan ke permukaan.

"Saya melihat bahwa potensi pada anak-anak Mimika ini sangat banyak, hanya saja belum digali," ujar Kepala Seksi Bidang Prestasi pada Disorda Provinsi Papua Isak Haurissa, kepada Salam Papua saat ditemui Sabtu (12/8), ketika memantau yayasan pendidikan olahraga Amor di Kelurahan Timika Jaya-SP2.

Untuk itu kata Isak, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Mimika, agar menciptakan program-program tertentu yang bisa menggali potensi atlet yang ada.

"Jangan membuat program yang hanya berjalan ditempat. Tetapi program yang memang dapat menggali potensi yang ada, sehingga anak-anak Mimika bisa berlaga sampai ke tingkat nasional bahkan internasional sekalipun," katanya.

Isak mengatakan, dinas perlu membuat program olahraga yang dimulai dari pembinaan sampai pada pembibitan olahraga usia dini dan mengarah pada pelajar. Sehingga, diberikan kebebasan kepada kabupaten untuk mendirikan Pusat Pendidikan Latihan Daerah (PPLD), bukan Pusat Pendidikan Latihan Provinsi (PPLP). 

"Jadi kalau seluruh kabupaten sudah punya PPLD maka kita di provinsi hanya mengadakan kompetisi antar PPLD, yang kemudian kita saring untuk masuk ke PPLP. Atau kita siapkan mereka untuk berkompetisi antar pelajar, dan setelah itu baru disiapkan untuk menghadapi PON," katanya.

Mengenai sarana, kata dia, Mimika sudah memilikinya. Tinggal bagaimana caranya memanfaatkan dan bekerja sama dengan yayasan. Dengan adanya Yayasan Amor, maka sudah bisa didirikan PPLD yang dimulai dengan satu cabang olahraga, yaitu bola voli.

"Kalau satu cabang ini sudah mulai bagus, baru kita ambil cabang lain yang punya potensi. Jadi kita harap dinas terkait coba menggali ini. Tidak mungkin kita dari provinsi terlalu masuk jauh urusan kabupaten, karena ini ada otonomi daerah jadi kami selalu tunggu dari dinas kabupaten," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini atlet terbaik Papua dari 29 kabupaten/kota berada di Jayapura, dan semuanya ada 14 PPLP cabang olahraga atletik. Diantaranya sepak bola, voli putri, taekwondo, karate, tinju, angkat besi, gulat, dayung, serta beberapa cabang olahraga lainya. Namun tidak menutup kemungkinan apabila Mimika sudah mempunyai fasilitas bertaraf internasional, maka dari 14 PLPP bisa ditambah menjadi 20 PPLP. (Albin)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment