Prajurit TNI AD Mendapat Sosialisasi KPR Swakelola BP TWP

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Kesejahteraan prajurit TNI hingga saat ini terus mengalami peningkatan, salah satunya adalah perumahan bagi prajurit. Kesejahteraan itu terwujud dengan adanya tunjangan perumahan bagi prajurit, yang bisa didapatkan melalui kredit Tabungan Wajib Perumahan (TWP).
Untuk memberikan penjelasan lebih jauh mengenai hal tersebut, prajurit TNI AD se-Garnizun Timika mendapatkan sosialisasi perumahan KPR–Swakelola BP TWP, di Aula Benteng Merah Putih, Kodim 1710/Mimika, Senin (31/7).

Kegiatan ini dipimpin Kolonel Czi Ir. Imam Soleh Hadi, MM yang menjabat sebagai Ketua Tim Sosialisasi, dan diikuti sekitar 300 prajurit dari berbagai satuan di TNI AD. Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Pusat Koperasi (Kapuskop) Kartika Cenderawasih, Kolonel Inf Grandi Mangiwa. Dalam sambutannya, dijelaskan secara umum tentang manfaat kredit Swakelola BP TWP.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang proses pengambilan swakelola BP TWP melalui Puskop Kartika Cenderawasih. Dalam kesempatan ini, dijelaskan tentang tata cara, proses dan persyaratan pengambilan kredit perumahan.

Paparan dilanjutkan dengan penjelasan dari Ibu Maria selaku Developer perumahan Pondok Amor Indah, merupakan salah satu developer yang bekerjasama dengan Koperasi Kartika dalam pengadaan rumah bagi prajurit. Secara umum tentang perumahan yang dikelola yaitu perumahan Pondok Amor Indah di Timika dan Lampu Satu Indah di Merauke. Juga dijelaskan tentang berbagai manfaat dan kelebihan dari perumahan yang tentunya sesuai dengan standar yang diinginkan TNI AD.

Ketua Tim Sosialisasi memberikan paparan singkat tentang sejarah dan fungsi dari BP TWP, kemudian paparan dilanjutkan Mayor Czi M. Indra yang menjelaskan tentang KPR Swakelola.

Dalam paparannya dijelaskan tentang perbandingan dan keuntungan antara KPR Swakelola, YKPP Kemhan dan KPR Bank komersil. Dimana prajurit bisa mendapatkan kredit rumah dengan bunga hanya 6% flat selama 15 tahun. Selain itu cicilan yang didapatkan lebih terjangkau dan jauh lebih murah, dibandingkan Bank umum.

“Manfaat lain, selain mendapatkan perumahan, tabungan TWP setiap prajurit pun tetap utuh dan dapat diambil setelah masa pensiun nanti.” Papar Mayor Czi M. Indra.

Pada sesi tanya jawab, peserta yang hadir mengajukan beberapa pertanyaan terkait perumahan tersebut, dari cara cicilan hingga keinginan memiliki rumah di luar Papua. Ketua Tim Sosialisasi menjelaskan bahwa kredit swakelola bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tetapi bersama developer yang sudah bekerjasama dengan Primkopad.


Terkait sosialisasi ini, seluruh prajurit TNI AD merasa terbantu, dan mengharapkan program ini dapat membuat prajurit menjadi lebih sejahtera. (Ricky/Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment