Puskesmas Wania Rencanakan Sweeping Barang Kadaluarsa

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) - Kepala Puskesmas Wania, Nikolaus A. Letsoin mengatakan, pihaknya berencana melakukan pemantauan kios dan toko yang ada di wilayah kerja Puskesmas Wania. Pemantauan rencana dilakukan menyusul adanya informasi dari masyarakat mengenai barang kadaluarsa yang tidak diperhatikan oleh pemilik kios maupun toko.

"Setelah 17 Agustus nanti kita akan pantau ke toko dan kios mengenai laporan masyarakat, soal barang kadaluarsa, " kata Nikolaus saat ditemui Salam Papua di Puskesmas Wania, Selasa (15/8).

Namun, sebelum melakukan pemantauan, kata Dia, akan di koordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), kepala wilayah setempat dan Satpol PP. Agar bersama-sama menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

"Kalau nantinya kita sudah koordinasi, maka kita akan sweeping makanan maupun barang lain yang sudah kadaluarsa," ujarnya.

Di Puskesmas Wania sendiri terdapat petugas yang berfungsi memantau barang kadaluarsa. Namun selama ini belum pernah dilakukan sweeping, lantaran pihaknya tidak memiliki dana dan kendaraan operasional.

"Sampai sekarang belum ada anggaran, jadi tidak mungkin kita berjalan semaunya. Memang selama ini kita jalan, tapi hanya usaha kesehatan masyarakat (UKM), tetapi kalau yang lain kita harus membutuhkan dana," terangnya.

Dari awal kata Nikolaus, harusnya sesuai alur pengaduan ketika ada temuan di masyarakat. Kemudian puskesmas ikut mempromosikan kesehatan terkait isu-isu di masyarakat.


"Dengan begitu masyarakat dapat memahami mengenai pentingnya kesehatan,” ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment