Ratusan Brimob Jatim-Sumsel Tiba di Sorong

Bagikan Bagikan

SAPA (MANOKWARI) - Ratusan personel Brigade Mobil dari Polda Jawa Timur dan Sumatera Selatan tiba di Sorong, Papua Barat, Jumat (18/8).

Kapolda Papua Barat Brigjen Rudolf Albert Rodja di Manokwari, Jumat (18/8) mengatakan akan berangkat ke Kota Sorong menyambut kedatangan ratusan personil bawah kendali operasi tersebut.

"Mereka tiba hari ini (Jumat kemarin-Red) di bandara Dominie Edward Osok (DEO) dengan pesawat carteran. Kita siagakan mereka di Sorong untuk membantu pengamanan Maybrat," kata dia.

Dia mengutarakan, kehadiran personil dari dua daerah tersebut bermaksud untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama Maybrat. Diharapkan, Maybrat aman dan masyarakat bisa beraktifitas secara normal.

Mantan Wakapolda Papua ini mengemukanan, selain BKO, Polda pun telah menyiapkan 500 personil pasukan Brimob dan Sabhara Polda, Polres Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Raja Ampat.

Langkah ini diambil untuk mengoptimalkan pengamanan sehingga pelantikan di Manokwari berjalan lancar dan tidak ada gangguan keamanan di Maybrat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat AKBP Hary Supriyono, mengatakan, Kapolri ingin Papua Barat terutama Maybrat aman dan kondusif saat pelantikan berlangsung.

Hary menjelaskan, penambahan personel Brimob dari luar daerah ini dilakukan karena pertimbangan kerawanan yang dinilai cukup tinggi terutama di Kabupaten Maybrat. Disisi lain jumlah personi di Papua Barat masih minim.

"Bapak Kapolri memberi perhatian cukup besar terhadap keamanan di wilayah Maybrat. Sehingga beliau mengirim personil agar Maybrat kondusif tanpa konflik sosial," katanya.

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Papua Barat Elisa Sroyer pada wawancara secara terpisah mengatakan, pelantikan tiga kepala daerah tersebut akan dilaksanakan di Manokwari.

"Kita laksanakan di Auditorium PKK Papua Barat Kompleks Perkantoran Gubernur. Kita kembali ke aturan pelantikan bupati wali kota dilaksanakan di ibu kota provinsi,"katanya.

Sroyer berharap, seluruh warga dan elit politik baik di Maybrat, Sorong maupun Kota Sorong turut menjaga agar pelantikan berjalan lancar dan masing-masing daerah aman menjelang, saat dan setelah pelantikan.

"Keinginan atau permintaan lokasi pelatikan agar dilaksanakan di Sorong sudah kita sampaikan ke pusat. Namun pusat tetap mengacu pada peraturan bahwa pelantikan bupati wali kota dilaksanakan di ibu kota provinsi jadi kita wajib mengikuti," sebutnya.

Saat ini, kata dia, panitia pelantikan sudah cukup siap. Beberapa waktu lalu pihaknya sudah berkoordinasi dengan tiga pemerintah daerah terkait termasuk bupati dan wali kota terpilih yang akan dilantik. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment