RS Tabanan Telah Terapkan Pendaftaran Pasien Secara Online

Bagikan Bagikan



SAPA (TABANAN) - Badan Rumah Sakit Umum (BRSU) Tabanan, Bali, mulai menerapkan langkah baru untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pasien yakni program pendaftaran secara daring/online atau Sistem Informasi Pendaftaran Online Rumah Sakit (SiponRS).

"Mulai sekarang (31/7), masyarakat yang akan memeriksakan diri ke BRSU tidak perlu repot lagi mengantre, melainkan bisa mendaftar ke alamat website www.brsutabanan.com," kata Direktur BRSU Tabanan, dr Nyoman Susila, di Tabanan, Senin (31/7).

Ia mengatakan syarat yang diperlukan dalam mendaftar online adalah memiliki alamat email dan KTP. "Guna memudahkan bagi pasien yang sudah berumur diharapkan anak atau generasi muda membantu untuk melengkapi syarat email itu," ujarnya.

Setelah melakukan pendaftaran online, pasien akan mendapatkan nomor antrean dan datang ke BRSU dua hari setelah mendaftar online.

"Penyiapan rekam medis membutuhkan waktu lama sehingga menjadi salah satu penyebab lamanya layanan dan menyebabkan antrean pasien. Dengan penyiapan rekam medis satu hari lebih awal, maka pasien tidak perlu menunggu saat datang ke BRSU dan langsung bisa dilayani di Poli," katanya.

Keuntungan lainnya, selain mempersingkat waktu layanan sehingga mengurangi antrean, cara baru itu mendorong pasien juga bisa memprediksi waktu kedatangannya ke BRSU.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Medis BRSU Tabanan, dr Ni Luh Gede Sukardiasih, mengaku pihak BRSU sedang melakukan persiapan dan penghitungan rata-rata waktu layanan pasien.

"Jika sudah selesai maka jam kedatangan pasien untuk periksa bisa diperkirakan," katanya.

Ia mengatakan latar belakang diluncurkan program SiponRS ini dikarenakan ruang tunggu Poliklinik yang seharusnya berkapasitas 300 orang terkadang diisi hingga 700 orang.

Selain itu, layanan Poliklinik hanya bisa melayani setidaknya 500 pasien per-hari. "Itupun melewati jam kerja dimana Poliklinik membuka layanan pada pukul 07.00 hingga 14.00 Wita," katanya.

Untuk selanjutnya, pendaftaran online akan diterapkan pada pelayan lainnya, di antaranya rawat jalan, rontgen, kunjungan rumah dan poliklinik eksklusif. (Ant) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment