Bagikan Bagikan


SAPA (JAYAPURA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua New Guinea (PNG) Yonif 410/Alugoro (Alg) bersama warga merenovasi gedung Gereja St Stevanus Arso Pir IV, Distrik Manem, di Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 410/Alg Letkol Inf M Heri Amrulloh ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu (2/8) mengatakan renovasi itu dimulai sejak awal Juli hingga kini, oleh personel Pos Kotis Arso.

"Personel Satgas melaksanakan kegiatan renovasi setiap hari, sedangkan masyarakat setiap hari libur (Sabtu) karena hari-hari biasa mereka harus bekerja sedangkan hari Minggu beribadah di gereja," katanya.

Kegiatan renovasi gedung gereja itu dipimpin oleh Sertu Zeto Akaz Pambudi, Batih Kima Satgas dengan pencapaian sudah dalam tahap penyelesaian.

"Kerja sama Satgas dengan masyarakat dalam kegiatan renovasi sangat bagus, sehingga waktu pengerjaan lebih singkat dari waktu yang diperkirakan, meskipun masyarakat yang aktif cuman pada Sabtu. Itu dimaklumi, mereka juga butuh ekonomi untuk keluarga,"katanya.

Terkait pendanaan, Heri mengemukakan bahwa sumber dana adalah swadaya dari masyarakat anggota gereja dan Satgas Pamtas Yonif 410/Alg.

"Yang kami bisa lakukan hanya perbaikan dan penggantian pada bagian-bagian yang rusak saja dilanjutkan dengan pengecatan pada dinding dan atap gereja. Masih beruntung kemiringan atap tidak begitu ekstrim," kata Her.

Atas kinerja Satgas juga mendapatkan apresiasi dari Pastur Gereja St Stevanus Arso PIR IV.

"Terima kasih Bapak-bapak Satgas mau bekerja perbaiki rumah Tuhan (gereja) kami. Tuhan meberkati Bapak-bapak semua," kata Pastur Gereja St Stevanus, Fery Severinus Binsasi.

"Waduh, baru kali ini liat tentara mau kerja yang seperti ini, mudah-mudahan kalau sudah jadi nantinya para umat lebih rajin ibadah ke rumah Tuhan ini. Terima kasih Satgas, luar biasa," katanya lagi.

Senada itu, salah satu warga gereja, Stefanus Wae mengatakan setelah diperhatikan gedung Gereja St Stevanus terlihat seperti gedung baru karena direnovasi oleh Satgas Pamtas Yonif 410/Alg.

"Terima kasih Tuhan, puji syukur untukmu. Terima kasih pada Pak Satgas yang sudi perbaiki tempat ibadah kami dan kami bisa ibadah dengan nyaman. Senang bisa melihat susasana Gereja yang indah dan bersih seperti bangunan baru,"katanya. (ANT)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment