Satgas Fasilitasi Pemberian Imunisasi Kepada Balita

Bagikan Bagikan



SAPA (JAYAPURA) - Satuan tugas (Pamtas) pengamaan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 410/Alugoro (Alg) memfasilitasi pemberian imunisasi vitamin A kepada balita di Posyandu Kampung Sawiyatami, Aros PIR IV, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 410/Alg Letkol Inf Heri Amrulloh ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu mengatakan, kegiatan yang digelar pada Sabtu (19/8) pagi itu merupakan bagian dari mendukung bulan imunisasi vitamin A yang diprakarsai oleh pemerintah.

"Jadi, dalam menyukseskan bulan Imunisasi Vitamin A, Pos Sawiyatami Satgas Yonif 410/Alugoro yang dipimpin oleh Serda Tri Apriyadi bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Keerom, di bawah pimpinan dr Sisilia dari Puskesmas PIR IV memberikan vitamin A bagi para balita yang berusia enam bulan hingga lima tahun bertempat di Posyandu Kampung Sawiyatami," katanya.

Menurut dia, Agustus merupakan bulan Imunisasi Vitamin A bagi balita, dimana Vitamin A atau retinol berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi, berperan dalam sistem kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

"Kegiatan bulan Imunisasi Vitamin A ini diserbu para ama-mama Papua yang membawa balitanya supaya tumbuh sehat dan normal ke Posyando," kata Heri.

Secara terpisah, Mama Imelda menyampaikan bahwa ia telah membawa anaknya yang berumur 13 bulan untuk mendapatkan imunisasi vitamin A.

"Saya bawa ini anak biar diberi obat vitamin dari bapak tentara atau ibu dokter Puskesmas juga boleh, biar anaku sehat," kata Mama Imelda.

Lain halnya dengan Mama Meila Wate yang membawa balita perempuannya berumur 23 bulan. "Yang lalu Februari lalu anak saya tidak dikasih, itu saya lupa. Sakarang baru dikasih vitamin. Terima kasih bapak tentara dan ibu dokter," kata Mama Meila Wate.

Pencanangan kegiatan bulan Imunisasi Vitamin A dari pemerintah benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh mama-mama di Kampung Sawiyatami, karena mereka mulai sadar akan pentingnya pemberian imunisasi khususnya vitamin A bagi pertumbuhan para balitanya, dengan harapan balitanya tidak akan terkena resiko masalah kesehatan akibat tidak diberi vitamin A. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment