Sejumlah Provider Bakal Ekspansi ke Asmat

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui PT. Palapa Ring Timur melaksanakan pemasangan kabel fiber optic di sejumlah kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat, termasuk Kabupaten Asmat.

Jika proyek infrastruktur telekomunikasi itu selesai dikerjakan, maka dapat dipastikan sejumlah provider atau perusahaan penyedia layanan jasa seperti Telkomsel, Smartfren dan Indosat bakal masuk (baca: ekspansi) ke Kabupaten Asmat.

“Bulan Oktober ini, tim Palapa Ring Timur kerjakan Beach Man Hole (BMH) dan landing point untuk fiber optic,” kata Kepala Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Jamaluddin, Kamis (2/8).

Jamaluddin yakin jika kabel fiber optic telah terpasang, maka sejumlah provider bakal masuk Asmat. Rencana masuknya provider-provider telah dibahas dalam pertemuan bersama pihak Palapa Ring Timur dan Kementerian Kominfo di Jakarta, bulan Juli lalu.

“Setelah fiber optic diaktifkan, maka banyak provider yang memanfaatkannya. Mereka akan sewa di Kementerian Kominfo,” tuturnya.

Jika banyak provider yang masuk, kata dia, sudah tentu akan banyak pula tower yang dibangun di Asmat. Dengan demikian, ia optimis kebutuhan telekomunikasi masyarakat Kabupaten Asmat akan terpenuhi.

Jamaluddin mengungkapkan, saat ini baru lima stasiun pemancar sinyal atau base transceiver station (BTS) di Kabupaten Asmat. Sementara sepuluh BTS sedang dalam pengerjaan dan akan dibangun dalam tahun 2017-2018.

“Berarti nanti total ada 15 BTS di Kabupaten Asmat. Nanti kalau fiber optic sudah aktif, aka nada banyak tower,” ujarnya.

Ia menambahkan, infrastruktur telekomunikasi sangat penting bagi daerah seperti Kabupaten Asmat. Namun yang menjadi kendala kini adalah soal pasokan listrik untuk power suplay tower milik Telkomsel.


“Power suplay dayanya kurang besar karena pasokan listrik kurang. Makanya, sinyal naik turun karena persoalan itu. Selain itu, masalah cuaca juga mempengaruhi karena tower terkonek dari satelit,” pungkasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment