Seleksi Komisioner Bawaslu Papua Barat Tahap Akhir

Bagikan Bagikan


SAPA (MANOKWARI) - Sebanyak 23 orang peserta seleksi calon Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat mengikuti tes tahap akhir.

Sekretaris Tim Seleksi, Wahidah Suaib di Manokwari, Jumat (25/8) mengatakan, peserta yang berasal dari berbagai daerah di Papua Barat tersebut mengikuti wawancara.

"Wawancara kita lakukan satu persatu. Kita jadwalkan tahapan ini berlangsung selama dua hari dari 24-25 Agustus," kata Wahidah.

Pada seleksi akhir tersebut, lanjutnya, timsel akan menetapkan 6 orang yang memperoleh nilai terbaik. Selanjutnya, enam orang itu akan menjalani tahapan fit and propertest atau uji kelayakan dan kepatutan.

Dia menjelaskan, dalam tahap wawancara tim seleksi menggali pemahaman peserta tentang politik, hukum dan kepemiluan. Pemahaman tersebut mutlak dimiliki komisioner Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu.

Selain itu, katanya, dalam wawancara tersebut tim pun akan mendalami sikap integritas dan kepemimpinan para peserta. Tim juga meminta klarifikasi atas masukan dan penilaian masyarakat terhadap masing-masing peserta.

Menurut dia, tugas Bawaslu cukup berat dan berkaitan langsung dengan masyarakat selaku subyek sekaligus obyek dalam praktik demokrasi. Pengalaman dan pemahaman peserta serta penilaian masyarakat berpengaruh terhadap kinerja mereka.

Wahidah mengutarakan, setiap peserta mendapat jatah 1 jam wawancara. Materi lain yang disodorkan dalam wawancara tersebut antara lain terkaut pemahaman dalam konteks lokal yakni mengenai politik,sosial dan budaya masyarakat di Papua Barat.

"Konteks lokal ini menjadi unsur penting, karena setiap daerah memiliki karakteristik sosial yang berbeda dari daerah lain. Materi ini memiliki porsi nilai paling tinggi, yakni 50 persen," katanya. (Ant)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment