Tukang Ojek Pengedar Sabu Ditangkap BNNK

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika berhasil menangkap seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu, AK yang berprofesi sebagai tukang ojek. Dari tangan AK (30) alias Kenung, petugas  mengamankan barang bukti satu paket sabu seberat 0,39 gram.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, Sarifuddin didampingi Kasie Pemberantasan, Kompol Mursaling mengungkapkan, sebelumnya pelaku sudah menjadi target operasi (TO) BNNK Mimika.

AK alias Kenong berhasil ditangkap petugas pada Kamis (24/8), sekitar Pukul 20.40 WIT, di salah satu counter HP yang berada di area Gorong-Gorong.

“Barang bukti sabu dimasukkan ke dalam bungkus rokok, dan disimpan didalam saku celana. Barang tersebut rencananya akan diserahkan kepada pembelinya di Gorong-Gorong,” kata Sarifuddin di Kantor BNNK Mimika, Jalan Cenderawasih, Jumat (25/8).

AK alias Kenung mengaku mendapatkan narkotika jenis sabu dari seseorang yang tinggal di Jalan Budi Utomo berinisial Mm. Petugas BNNK  langsung mengejar Mm  namun Mm berhasil melarikan diri dan kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) BNNK Mimika.

“Kami masih mengejar Mm untuk mengetahui barang tersebut berasal dari mana, apakah dari Surabaya atau Makassar,” ujar Sarifuddin.

AK alias Kenung mengakui memperoleh satu paket sabu seberat 0,39 gram dari Mm dengan harga Rp 850 ribu. Selanjutnya AK alias Kenung menjual lagi ke pelanggan atau pemesannya dengan harga Rp 950 ribu.

Modus yang digunakan adalah memesan melalui telepon seluler, dengan cara si pelanggan menelepon AK alias Kenung untuk mememasan barang yang diinginkan. Dan setelah mendapatkan barang, kemudian diantarkan kepada si pemesan barang.

Menurut pengakuan AK alias Kenung, perbuatan ini sudah dilakukan hampir satu tahun, dengan melakukan transaksi sebanyak tiga kali.

Selain sebagai pengedar sabu, AK alias Kenung juga mengkonsumsi barang haram tersebut. Sebab berdasarkan hasil pemeriksaan urin, yang bersangkutan positif pengguna narkotika. Bahkan pengakuan AK alias Kenung bahwa belum lama ini sempat mengkonsumsi narkotika.

Barang bukti yang diamankan petugas selain satu paket narkotika jenis sabu seberat 0,39 gram, juga diamankan satu handphone berwarna hitam milik tersangka.


Atas perbuatannya, AK alias Kenung dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, juncto Pasal 127 ayat 1 huruf a. Dikarenakan tersangka telah menguasai, membawa, dan menggunakan narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal empat (4) tahun. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:


  1. I'm now not certain the place you're getting your info, however good topic. I must spend some time finding out more or working out more. Thank you for wonderful information I was looking for this info for my mission. gmail log in

    ReplyDelete