Verikasi Partai Politik Melalui Sistem Online

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) - Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Asmat, Max Apituley mengatakan, verifikasi partai politik di tingkat pusat maupun daerah akan dilakukan secara online melalui sistem informasi partai politik (Sipol).

“Dengan diberlakukannya Sipol ini oleh KPU, otomatis parpol sendiri yang menentukan lolos atau tidaknya dia menjadi kontestan pemilu,” terang Max, Kamis (24/8).

Dengan diberlakukan verifikasi parpol secara online, terang Max, pihak KPU sangat mengharapkan Badan Kesbangpol di daerah dapat melakukan verifikasi faktual terkait data anggota partai, pengurus, sekretariat dan sebagainya.

“Memang KPU sangat mengharapkan peran dari Kesbang, karena filter pertama ada di kami. Data anggota partai maupun data lainnya yang masuk ke Sipol harus benar-benar valid,” ujarnya.

Menurutnya verifikasi partai politik secara online sangat baik untuk mencegah persoalan dualisme kepengurusan partai, terutama di tingkat dewan pimpinan cabang (DPC). Kepengurusan yang sah terverifikasi secara sistematis.

“Karena dengan Sipol ini, password untuk email dari masing-masing DPC di masing-masing kabupaten itu akan diberikan oleh DPP. Misalnya terjadi dualisme, lalu salah satu kepengurusan yang tidak sah memasukkan data, dia otomatis ditolak sistem,” terangnya.

Terkait verifikasi faktual partai politik di Kabupaten Asmat, Max mengaku pihaknya sudah melaksanakan beberapa persiapan verifikasi meskipun belum ada petunjuk teknis Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Memang PKPU belum ada, karena undang-undangnya belum ditandatangi presiden. Tapi kami sudah mulai jalan, dalam arti menyiapkan parpol di tingkat kabupaten untuk verifikasi melalui Sipol,” tuturnya.

Ia menambahkan, setelah UU Parpol dan PKPU ditetapkan, pihaknya akan segera melakukan tahapan verifikasi faktual.

“Yang sudah kami lakukan adalah menyurati parpol-parpol yang ada di Asmat dan berkoordinasi dengan KPU terkait pentahapan,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment