Waspada Curanmor, Diimbau Tingkatkan Kesadaran

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kapolsek Mimika Baru AKP Frits J. Erari, S.E.,MM  menghimbau kepada segenap warga kota Timika lebih waspada terhadap maraknya tindak criminal, terutama  pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Kesadaran dan kewaspadaan masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka membantu aparat menekan laju perkembangan kriminalitas di Timika,” katanya kepada Salam Papua, di Polsek Miru, Selasa (29/8).

Menurut Frits kasus Curanmor yang meresahkan masyarakat Timika, terutama masyarakat kota membutuhkan kesadaran masyarakat itu sendiri. Sebab yang paling banyak meresahkan warga kota ini dan banyak laporan adalah pencurian kendaraan bermotor.

Dia mengatakan, kasus Curanmor dipicu karena peluang untuk bertindak kriminal dan kondisi sosial. Faktor peluang terjadi ketika masyarakat lengah atau tidak waspada menjaga harta benda atau barang-barangnya. Sedangkan kondisi sosial salah satu faktor juga yang ikut memicu, seperti banyaknya pengangguran di kota ini. Hal ini berkorelasi erat dengan motivasi ekonomi masih menjadi faktor dominan yang mendorong seseorang untuk berbuat kriminal. Seakan-akan Curanmor menjadi ladang pekerjaan bagi mereka.

“Pencurian kendaraan bermotor, ada pelaku Curanmor yang memang ke lorong-lorong melihat kelengahan masyarakat. Motor diparkir tidak benar atau lupa mengunci stir. Tetapi dengan akal-akalan mereka (pelaku-Red) bisa memutuskan kabel atau apa lalu ambil dan jual ke orang lain dengan harga yang murah.

Memang dengan situasi yang kita tahu bersama dimana banyak pengangguran di kota ini menyebabkan angka kriminalitas ini tinggi terutama Curanmor,” ujarnya.

Firts mengimbau masyarakat meningkatkan kesadaran diri dalam menangkal kejahatan di sekitar, baik itu masyarakat di ruang publik, mall, pasar atau sekolah-sekolah. Pihak aparat tidak bisa bergerak sendiri, tetapi membutuhkan andil dari semua lapisan masyarakat. Para tokoh masyarakat, tokoh agama dan siapapun harus menjadi agen perubahan.

Dikatakannya masyarakat membuat kunci ganda, meningkatkan kesadaran, tidak memberikan peluang adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa.

“Masyarakat bisa mensiasati Curanmor dengan membuat kunci ganda, meningkatkan kesadaran, tidak memberikan peluang dan pentingnya menjadi polisi bagi diri sendiri untuk mengamankan diri, mengamankan harta benda dan mengamankan lingkungan,” katanya.  (Korneles Materay)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment