150 Perahu Ditahan Pemerintah Diminta Cari Solusi

Bagikan Bagikan




SAPA(TIMIKA) - Dalam rapat antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mimika bersama Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) di Kantor DKP, Pusat Pemerintahan, Senin (4/9), koordinator pengusaha ikan meminta Pemkab Mimika mencari solusi untuk menyelesaikan masalah penahanan terhadap 150 unit perahu milik nelayan non Papua. Yang mana hingga saat ini belum juga dikembalikan pasca bentrok di Poumako.

“Sebagian nelayan sudah kembali ke daerah masing-masing. Namun, mereka masih meninggalkan masalah buat kami para pemilik perahu kurang lebih 100 orang dengan armada perahu sekitar 150 perahu. Itu masih ditahan dan sampai saat ini belum dikembalikan. Sehingga kami meminta pemerintah mencari dan memberikan solusi yang terbaik buat kami,” kata  Hamdar selaku koordinatir pengusaha ikan dan nelayan.

Dalam pertemuan itu, hadir Kepala DKP Lentje AA. Siwabessy , Ketua KKJB Imam Parjono, TNI-Polri serta sejumlah staf DKP. 

Rapat itu selain untuk mencari solusi bagaimana pengusaha dan nelayan non Papua bisa kembali melakukan aktifitasnya sebagai nelayan dan pengusaha, juga menyamakan persepsi dan mencari solusi terkait nasib 150 unit perahu yang masih ditahan agar dapat di kembalikan kepada pemiliknya.  
Hamdar yang dipercayakan sebagai koordinator, berharap semua pihak bisa membuka hati dan mencari solusi untuk menyelesaikan kerugian yang ada.

“Kami ingin supaya apa yang menjadi kerugian bisa kembali. Dan kami juga bisa kembali beroperasi secara normal dalam membangum Kabupaten Mimika secara bersama, dalam hal pemenuhan kebutuhan ikan di Mimika,” terangnya.

Bahkan, Ketua KKJB juga mendesak kepada pemerintah agar segera mencarikan solusi sehingga para nelayan bisa kembali beraktifitas.

“Saya harap pemerintah bisa lebih cepat untuk mengurus masalah ini, supaya kedepannya bisa berjalan baik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala DKP Mimika Lentje AA. Siwabessy mengaku, sebagai bawahan dirinya akan menyampaikan keluhan-keluhan tersebut diatas kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng, termasuk usulan dari KKJB maupun nelayan yang ada. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment