2017, Distanbun Perluas Area Tanaman Kelapa

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, tahun 2017 akan memperluas area atau lokasi penanaman kelapa untuk wilayah pesisir.

“Tahun ini ada 6000 bibit yang akan ditanam. Kebanyakan di daerah peisir seperti Mimika Tengah, dan Amar,"ungkap Kepala Distanbun, Ir. Yohana Paliling kepada Salam Papua di ruang kerjanya Senin (11/9) lalu.

Dia menambahkan, selain perluasan lahan juga pengadaan dua unit mesin parut kelapa untuk Atuka dan Mimika Barat Tengah, sekaligus memberikan pelatihan kepada warga untuk pengolahan kelapa agar bisa mengolah kelapa.

"Baru tahun ini kita pengadaan mesin sehingga kita harapkan tahun depan para petani sudah bisa memberikan peningkatan pebdapatan," katanya.

Persediaan kelapa di pesisir cukup banyak. Namun jangkauan cukup jauh dan membutuhkan biaya yang besar. Sehingga para pedagang dari Mimika membeli langsung di pesisir kemudian menjual kembali di Timika. Tetapi nantinya ketika mesin sudah beroperasi maka akan langsung diolah didua lokasi. Sehingga kelapa dari petani harganya bisa lebih mahal.


"Kita akan bicara dengan kepala distrik dan kepala kampung dan tokoh masyarakat untuk kita menentukan harga kelapa dari petani sampai ke tempat pengolahan kelapa," ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment