34 Denominasi Kristen yang Terdaftar di Kemenag Mimika

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) Terhitung ada 34 denominasi Kristen di Timika telah terdaftar di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika. Denominasi Kristen yang tidak termasuk dalam daftar tersebut dinyatakan tidak sah atau ilegal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mimika, Ulter Adrianus,SE saat ditemui Salam Papua, di Bobaigo Keuskupan Timika, Rabu (27/9).

“Sampai saat ini, jumlah denominasi khusus Bimas Kristen sebanyak 34. Kalau ada kelebihan dari jumlah ini, maka itu tidak sah. Memang dikatakan sebagai sisi pelayanan, tetapi bagaimanapun juga kita semua diatur oleh regulasi,” katanya.

Menurut dia, pertumbuhan atau penambahan denominasi dan persekutuan Kristen tertentu akan terus dipantau. Negara Indonesia termasuk di Mimika telah memiliki regulasi yang mengatur ketentraman kehidupan antar sesama khususnya umat beragama. Jika pesatnya pertumbuhan denominasi tersebut tidak diperhatikan, maka akan memicu berbagai konflik horizontal.

“Kita tidak bisa pungkiri bahwa munculnya suatu persekutuan tertentu yang nota bene tidak sah, akan menimbulkan konflik. Karena dinilai menyimpang atau sesat,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, secara umum masyarakat Mimika merupakan insan beragama yang memeluk berbagai keyakinan. Sehingga munculnya paham baru secara perlahan-lahan tapi pasti akan menuai banyak persoalan di masyarakat. Itulah sebabnya sangat diperlukan langkah-langkah antisipatif.

“Hal seperti ini sekarang bukan hal yang dirahasiakan lagi. Tapi ini adalah fakta,” ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment