61 Satpam Mimika Ikut Pendidikan Dasar

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Papua dan Polres Mimika bekerjasama dengan PT Tosari Utama berdasarkan rekomendasi dari Mabes Polri melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) bagi Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama Angkatan XX Tahun 2017. Kegiatan tersebut berlangsung selama 12 hari di Polres 32 jalan Agimuga, mulai dari Selasa (26/9) sampai Sabtu (7/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Haji Andi Heru Santo, Direktur PT Tosari Papua Hamid Ambarak, SE, Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH, Pimpinan Cabang PT Tosari Utama Timika Usna Jamil, SH, Kasubdit  Satpam/Polsus AKBP R Dwi Iriani, Kasat Sabhara Iptu Mathius Tanggoatu.

Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol A Heru Santo mengatakan, kegiatan Diksar yang dilakukan oleh PT Tosari Utama merupakan hal yang positif. Kegiatan tersebut merupakan rekomendasi Mabes Polri yang nantinya akan membantu dalam melakukan tugas Kepolisian terbatas.
“Kegiatan Diksar satpam ini sangat baik, untuk membantu tugas Kepolisian terbatas,” kata Dir Binmas Polda Papua Kombespol A Heru Santo saat ditemui wartawan di aula Polres Mimika, Selasa (26/9).

Dia menjelaskan, dalam Diksar tersebut akan diajarkan oleh instruktur bagaimana melakukan pengamanan di lingkungan kerja dan membawa pelaku menggunakan borgol. Satpam harus dilengkapi dengan bela diri Polri sebagai dasar untuk melaksanakan pengamanan.

“Untuk materi yang diajarkan itu kepolisian dasar. Bagaimana kita menangani kejahatan di lingkungan kerja masing-masing, mereka juga akan diajarkan bela diri Polri,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakapolres Mimika Kompol Arnol Korowa, SH mengatakan, Polres Mimika juga berterima kasih kepada Manajemen PT Tosari Utama yang telah mempercayakan pelaksanaan kegiatan Diksar di Polres Mimika. Kegiatan tersebut sesuai petunjuk Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar melalui Direktorat Binmas Polda Papua. Ia mengakui Satpam sebagai garda terdepan yang bersinergi dengan polisi dalam melaksanakan pelayanan publik.

“Memang harus ada pendidikan dasar seperti ini. Supaya kita membuka ruang dan kita mengajak untuk melihat profesi Satpam sebagai garda terdepan pelayanan publik yang bersinergi dengan polisi,” kata Wakapolres.

Direktur PT Tosari Utama Hamid Ambarak, SE mengungkapkan, pihaknya telah bekerjasama dengan Binmas Polda Papua dalam melaksanakan Diksar tersebut, sesuai rekomendasi dari Mabes Polri. Kegiatan Diksar perdana di Mimika dan dinilai sangat baik. Menurutnya, semua pihak sangat antusias dengan kegiatan tersebut.

Kami diberikan rekomendasi dari Mabes Polri untuk melaksanakan kegiatan ini, dan kami lihat antusiasme sangat baik,” ungkapnya.

Dia berharap, kegiatan Diksar ini bukan saja dilihat dari sisi kuantitas (jumlah) tapi juga sisi kualitasnya. Kuantitas memang penting tapi harus ditunjang dengan kualitas sebagai tujuan utama diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“bukan banyaknya tapi kualitasnya,” harapnya.

Para personil Satpam yang mengikuti Diksar sebanyak 61 orang yang terdiri dari PT Trakindo Utama, Bank Mega, Pegadaian, DPRD Mimika, PT PAL, PT Petrosea, Telkomsel, Hotel Kamoro Time, Diana Supermatket, BPJS Ketenaga kerjaan, RSUD Mimika, Disperindag, Keuskupan Karitas, Rumah Sakit Kasih Herlina, PLN, dan masyarakat Umum. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment