Bank Papua Galakkan Program Simpel di Agats

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Cabang Asmat menjalin kerja sama dengan sejumlah sekolah di Kabupaten Asmat guna melaksanakan Program Simpanan Pelajar (Simpel).

“Tabungan dari program Simpel ini tanpa dikenakan biaya administrasi. Kami sudah mulai jalin kerja sama dengan sekolah-sekolah, mulai dari PAUD hingga SLTA. Sehingga pelajar memiliki kebiasaan menabung,” kata Kepala Cabang Bank Papua Asmat, Sukidi, di Bank Papua Cabang Asmat, Selasa (12/9).

Menurutnya  Simpel merupakan program Bank Papua yang digalakkan di seluruh kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat. Program ini dilaksanakan setelah adanya instruksi Presiden Joko Widodo agar seluruh pelajar memiliki kebiasaan menabung.

“Oleh Bank Papua, program Simpel diluncurkan pada Januari 2016  di Jayapura. Tujuannya mau  menggerakkan pelajar untuk menabung.

Dia menyebutkan  mekanisme menabung dalam program Simpel tidak sulit. Siswa-siswi hanya menyetor awal Rp1.000, selanjutnya bisa menabung mulai dari Rp500-Rp5.000. Tabungan ini tidak dikenakan biaya administrasi, baik saat penyetoran maupun pengambilan/penarikan.

“Program ini semacam kas keliling. Tapi kami di Agats belum ada mobil kas keliling, jadi kami datangi sekolah-sekolah. Kami juga sudah menjaring beberapa siswa-siswi dan mereka sudah mulai menabung,” ungkapnya.

Program ini, kata dia, mau mengajarkan kepada pelajar untuk menghemat dan mengatur keuangannya secara mandiri. “Supaya uang jajan tak dihabiskan semua dalam hari itu. Ada yang disisihkan untuk mereka sendiri,” ujarnya.

Sukidi menjelaskan, pihaknya masih harus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang belum dijangkau agar partisipasi pelajar meningkat dalam kegiatan menabung.
“Memang semuanya belum mengenal, karena itu kami masih harus sosialisasi lagi. Masih ada beberapa sekolah yang belum kami sambangi, karena memang keterbatasan tenaga marketing. Tapi dalam waktu dekat akan kami sosialisasikan lagi,” katanya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment