Banyak Warga Membuang Sampah Seenaknya

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Aroma tidak sedap, ditambah leleran air kotor di sejumlah tempat pembuangan sampah liar pada sejumlah titik didalam Kota Timika, menjadikan pemandangan umum setiap harinya.

Dari pantauan Salam Papua, Minggu (3/9), menemukan sejumlah titik tempat pembuangan sampah liar dalam luasan kecil. Banyaknya sampah setiap harinya yang terlihat seperti di Jalan Utama Yos Sudarso, Ahmad Yani, Budi Utomo dan Hasanuddin, menjadi pemandangan umum yang sudah biasa.

Keseluruhan sampah tersebut bukannya hal yang tidak di sengaja dilakukan oleh warga, melainkan secara sengaja warga yang mengendarai sepeda motor berjalan pelan sambil mendekati lokasi pembuangan sampah liar, lalu melemparkan sampah seenaknya. Sehingga, sampah yang dibuang tersebut menumpuk sembarangan di sisi jalan dan atas trotoar yang merupakan tempat pejalan kaki.

Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah menyediakan titik-titik tempat pembuangan sampah di Kota Timika, bahkan menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuang sampah rumah tangga agar dapat secara langsung di angkut oleh petugas kebersihan.

“Titik-titik tempat pembuangan sampah yang disediakan pemerintah daerah jauh dari rumah, makanya saya buang di tempat yang dekat rumah,” ujar Ernywati, salah satu warga Jalan Yos Sudarso yang diwawancarai Salam Papua ketika ditemui hendak membuang sampah pada salah satu titik pembuangan sampah liar.

Ia menambahkan, dengan adanya tempat pembuangan sampah liar, membuat warga ikut membuang sampah pada tempat yang sama. “Banyak warga yang lain membuang sampah ke tempat yang sama, meskipun itu salah,” ujarnya.

Minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang sudah di tentukan, mengakibatkan sejumlah tempat tergenang air pada musim penghujan. Tidak hanya itu, aroma tidak sedap ikut menjadi santapan warga setiap harinya, akibat dari sampah. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment