Bappeda Klaim Defisit APBD 2017 Belum Dipastikan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Simon Mote, menyatakan isu terkait defisit kucuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, belum dipastikan oleh pemerintah. Sebab, hingga saat ini pemerintah belum menyampaikan pernyataan resmi terkait defisit anggaran.

Selain belum adanya pernyataan resmi dari pemerintah, saat ini Pemda Mimika sedang berjuang menemukan langkah-langkah, dalam hal ini berupaya agar defisit anggaran tidak terjadi. Sehingga, kepastian defisit atau tidaknya anggaran baru akan diketahui setelah dokumen resmi diserahkan ke DPRD.

“Sekarang, pernyataan defisit di pemerintah itu kita belum keluarkan. Karena Pemda juga sementara berupaya mencari langkah agar mencapai proyeksi. Jadi pernyataan resmi dari pemerintah terkait defisit itu belum ada,” kata Simon Mote saat diwawancara awak media di gedung DPRD Mimika, Selasa (26/9).

Salah satu upaya yang saat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya defisit, kata Simon, sedang dilakukan pembahasan terkait pajak air permukaan (PAP) bersama PT Freeport Indonesia (PTFI). Proyeksinya akan disesuaikan dengan besaran penerimaan. Dan berdasarkan target APBD yang angkanya mencapai Rp2,9 triliun, harus bisa terpenuhi.

“Itu salah satu yang saat ini kita upayakan. Kalau hal itu ada, berarti penerimaan yang kita proyeksikan bisa terpenuhi. Kalau memang pemasukan kita lebih, berarti surplus. Tapi kalau kurang berarti defisit,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment