BNNK Rehabilitasi Lima Pecandu Narkoba

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika kini melakukan rehabilitasi bagi lima pecandu atau residen narkoba. Empat dari lima residen tersebut secara rutin mendapatkan pendampingan dari konseler BNNK Mimika, sedangkan satu residen akan dikirim ke Makassar untuk melakukan rehabilitasi secara intensif.

Yang empat orang itu masih dalam kategori yang belum terlalu parah, makanya bisa ditangani oleh psikiater kita. Sedangkan yang satunya memang harus ditangani lebih intensif di Makassar karena tingkat kecanduannya sudah lebih tinggi,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi, Ruslan Awumbas saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (5/9).

Ia mengatakan kelima residen tersebut telah berusia dewasa dan memiliki pekerjaan tetap. Masing-masing dari mereka memiliki kecenderungan terhadap narkotika jenis yang berbeda seperti ganja dan sabu-sabu. Akan tetapi ada diantaranya yang menggunakan sekaligus dua jenis narkotika tersebut.
Melihat dari segi perubahan, pasti ada yang secara perlahan berubah, karena proses rehabilitasi yang kami lakukan bukan hanya oknum residen saja, tapi juga keluarganya,” katanya.

Selain lima residen yang rutin melakukan rehabilitasi, terdapat sejumlah residen lainnya yang menurut Rustam mereka pernah melapor ke BNNK untuk mengikuti program rehabilitasi. Namun sayangnya mereka tidak serius dan rutin bertemu dengan psikiater.

Dalam hal ini, terdapat juga sejumlah kendala yang menghambat kerja BNNK, salah satunya terkait pendanaan dari pusat yang sejak dibentuknya BNNK Mimika pada akhir 2015 hingga 2017 ini belum ada dana yang dikucurkan untuk operasional, termasuk membiayai sejumlah kegiatan dan program yang direncanakan.

Meski demikian, BNNK Mimika sudah mensyukuri kehadiran serta dukungan Pemkab Mimika untuk membantu sejumlah dana untuk membiayai operasional, yang dikucurkan pada 2016.

“Bagaimanapun juga kita tetap bersyukur dengan Pemkab Mimika yang telah memberikan dana, sehingga operasional bisa berjalan,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment