BPM Bentuk LPM di 16 Kampung

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Mimika akan membentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di 16 kampung yang berada di Distrik Mimika Barat Jauh, Amar dan Distrik Mimika Tengah.

"Hari Minggu (23/9), kami ke tiga distrik ini selama lima hari untuk sosialisasi dan langsung membentuk LPM di 16 kampung itu. Distrik Mimika Barat Jauh lima kampung, Amar enam dan Mimika Tengah lima kampung," kata Kepala BPM Mimika, Michael R Gomar melalui Kepala Bidang Bina Lembaga Masyarakat BPM, Efkelina Karma ketika diwawancarai di kantor BPM, Jalan Poros SP V, Rabu (20/9).

Efkelina menjelaskan, LPM merupakan lembaga kemasyarakatan yang independen dan merupakan mitra pemerintah kampung dalam memberdayakan masyarakat. Maka LPM sifatnya menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Karena  pembentukan LPM bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan serta pengendalian pembangunan,  Meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai sumber daya manusia dan untuk mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan dalam pemberantasan kemiskinan.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan tiga kepala distrik guna persiapan dan pemantapan pelaksanaan kegiatan nanti. Jadi satu kampung anggotanya 16 orang. Ini lembaga independen mitra pemerintah kampung sehingga anggotanya tidak boleh dari aparatur, semua masyarakat. Hanya kepala kampung sebagai pembina saja," katanya.

Dia menyebutkan,  tahun ini LPM hanya terbentuk di 16 kampung karena disesuaikan dengan tupoksi dan anggaran yang ada. Tahun depan, direncanakan hal serupa akan dilakukan di distrik yang lain.

"Kami sudah persiapkan semua untuk perjalanan ke tiga distrik ini. Tiap distrik kami datangi, sosialisasi, beri pelatihan dan langsung bentuk LPM. Mereka akan menjadi wadah partisipasi untuk semua kegiatan pembangunan di kampung, bersama dengan organisasi kemasyarakatan yang mungkin telah duluan ada di tiap kampung," ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment