BPS Gelar Apel Bersama Peringati HSN

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada 26 September 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika menggelar apel bersama para pegawai yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Mimika,Yunus Wakum, di halaman Halaman Kantor BPS Jalan Hasanudin, Selasa (26/9).

Sambutan Kepala BPS Pusat Kecuk Suharyanto yang dibacakan oleh Kepala BPS Mimika mengatakan, HSN bukanlah hari ulang tahun BPS melainkan hari diundangkannya UU No 7 tahun 1960 tentang statistik. Sehingga HSN bukan hanya milik insan BPS tetapi milik seluruh bangsa Indonesia. Semangat perayaan HSN sejatinya adalah upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik. Dalam sambutan tersebut dinyatakan tentang adanya perhatian khusus Presiden Joko Widodo terhadap hasil penelitian BPS sebagai dasar pijakan penentuan berbagai kebijakan nasional.

"Kita patut bersyukur Presiden Joko Widodo sangat sadar akan pentingnya statistik dan memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada BPS. Bahkan beliau menekankan agar kementerian atau kembaga menggunakan dan mengacu pada data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan," ujarnya.

Ke depan kata Yunus, BPS akan terus berupaya menyempurnakan metodologi dan mengintegrasikan berbagai survei sehingga pengumpulan data dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
"Kita akan evaluasi produk-produk yang telah kita hasilkan. Seberapa jauh dimanfaatkan oleh para pengguna data. Permintaan kerjasama pun akan diseleksi dan difilter sehingga kita bisa meminimalisir melakukan survei baru," katanya.

Tema peringatan HSN tahun ini adalah "Kerja Bersama Dengan Data" merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama, membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya. Kerja bersama ini sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals. Setiap kementerian atau lembaga termasuk Pemda memiliki tanggung jawab untuk memenuhi indikator SDGs terutama pengumpulan statistik sektoral.

"Sehingga kami harus tetap menanamkan profesionalisme dalam menghasilkan data. Karena BPS sebagai lembaga pemerintah yang independen yang menghasilkan data sesuai kaidah-kaidah statistik tanpa intervensi dari pihak manapun. Sehingga data yang dihasilkan sifatnya umum dan dapat digunakan oleh semua pengguna data," ujarnya.


Untuk memeriahkan HSN katanya, BPS Mimika gelar sejumlah kegiatan di antaranya jalan santai dan anjang sana mengunjungi panti asuhan. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment