Dana DAK 2017 Terserap 20 Persen

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Simon Mote mengakui dari total Rp 138 Miliar lebih penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika baru terserap mencapai 20 persen hingga akhir Agustus 2017.

"20 persen itu hitungan terakhir satu pekan lalu. Karena beberapa waktu lalu sudah dilakukan monitoring evaluasi khusus DAK dan serapannya sudah capai 20 persen," kata  Simon saat diwawancarai usai mengikuti apel pagi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Jalan Cenderawasih, SP 2, Distrik Kuala Kencana, Senin (4/9).

Menurutnya untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Otonomi Khusus (Otsus), jika telah diumumkan pemenang tender dan penandatanganan kontrak dengan pihak kedua  langsung dilakukan penagihan. Hal ini dilakukan untuk mendukung permintaan anggaran dana Pemkab di tahun selanjutnya.

"Untuk mengajukan permintaan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu harus melampirkan SP2D. Kita sangat berharap agar semua SKPD terus pro aktif untuk ikuti kebijakan-kebijakan yang ada. Jangan sampai tim anggaran yang harus kejar setengah mati, tapi seakan-akan tidak digubris," katanya.

Dia mengatakan terkait pencapaian pelelangan Program dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daearah (APBD) hingga saat ini jumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemda Mimika yang telah melakukan pelelangan program kerja telah mencapai 90 persen.

"Sampai bulan ini hampir semua SKPD telah lakukan pelelangan. Pelelangan itu ada yang e-Pro yang melalui LPSE ada juga yang non e-pro atau melalui Dinas. Sampai saat ini sudah capai hampir 90 persen yang melakukan lelang program," katanya.

Dia berharap pertengahan atau akhir September, seluruh kegiatan fisik bisa berjalan. Apabila, kegiatan fisik semua sudah berjalan bisa melihat penyerapan anggaran.

"Sekarang kan sudah ada pembangunan jalan, jembatan dan Sekolah yang sudah mulai berjalan. Beberapa waktu kedepan ini kita bisa berharap kegiatan pembangunan lainnya bisa berjalan dan tuntas," harapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment