Dibutuhkan Perda Pemasangan Tiang Listrik

Bagikan Bagikan




SAPA(TIMIKA) - Manager PT.PLN (Persero) Area Timika Salmon Karet mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pemancangan tiang dan gardu listrik disekitar area perumahan warga atau area instansi tertentu membutuhkan Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur itu. Sehingga, PLN tidak kesulitan dalam memancang tiang listrik yang berada dekat perumahan warga.

"Kalau kita lihat kondisi sekarang ini,  siapa yang mau mengatur. Disatu sisi listrik dibutuhkan semua orang. Sisi lain, PLN mengalami kesulitan di lapangan ketika memasang tiang listrik dan gardu listrik. Semestinya,  kebutuhan yang meyangkut kepentingan umum semua bertanggung jawab bukan hanya kewenangan PLN. Maka, saya berpikir masalah ini perlu diatur dengan sebuah Perda untuk penanaman tiang listrik disepanjang jalan pada bagian kiri atau kanan jalan dan seputar rumah warga. Supaya tidak ada lagi pohon yang ditanam, apalagi  masuk rumah warga, PLN  setengah mati,”  kata Manager PLN Area Timika saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya Rabu (20/9) lalu.

Menurutnya  semua  warga sudah tahu bahwa tegangan listrik sangat berbahaya. Tetapi untuk merubah tiang-tiang listrik yang ada, PLN memikul sendiri beban itu. Seharusnya,  pemerintah, masyarakat  dan PLN bersama-sama bertanggungjawab.

“Memang PLN mempunyai hak untuk merawat, mengatur dan sebagainya. Tetapi kami  sangat kesulitan. Karena ada gardu yang terpaksa  masuk  di area rumah warga  yang seharusnya tidak boleh. Situasi seperti itu, jika terjadi sesuatu  banyak yang mempersalahkan sana sini. Padahal,  listrik untuk kepentingan umum dan ikut mendukung pertumbuhan ekonomi.” katanya.

Dia berpendapat untuk menangani masalah seperti ini dan PLN bisa  menata listrik dengan baik mesti diikuti dengan  peraturan, prosedur dan perencanaan yang matang.  Supaya dikemudian hari tidak ada persoalan yang muncul.  Ia mencontohkan dikala pelebaran jalan tiang listrik yang sudah tertanam tidak lagi dipindahkan sana-sini.


"Karena kalau setiap pelebaran jalan kita harus cabut tiang, kita ambil dana dari mana. Untuk itu dari sekarang pemerintah terutama istansi terkait harus mulai melakukan perencanaan dan penataan  yang baik, bila perlu diatur dengan Perda” katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment