Dishubkominfo Akan Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mimika, Johanis Rettob mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan Sosialisasi tentang keselamatan Berlalulintas kepada seluruh masyarakat Mimika selaku pengguna jalan. Hal ini diakuinya, agar masyarakat Mimika bisa memahami aturan dalam berlalulintas.

“Sebenarnya akan dilaksanakan hari selasa, tapi karena saya ada keperluan Dinas ke Merauke, maka sosialisasi akan dilaksanakan mungkin hari Kamis atau Jumat depan,” kata Jhon ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Sabtu (16/9).

Menurut dia, sosialisasi tersebut akan dilaksanakan selama sehari penuh dengan melibatkan LAJJ dan Polantas dalam membagi himbauan dan pesan moral kepada seluruh pengguna jalan.

“Kalau yang tidak pakai safety belt akan diarahkan untuk memakai. kalau yang tidak menggunakan Helm harus diarahkan, sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan penumpangnya. Kita tidak tangkap atau memberi sangsi tapi hanya sebatas mengarahkan saja,” tuturnya.

Jhon juga mengatakan, tahun ini akan diupayakan peningkatan system aplikasi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB). Dishub akan menjalin kerja sama dengan PT Telkomsel supaya memiliki aplikasinya. Agar setiap pemilik kendaraan bisa selalu mendapat peringatan secara online untuk wajib KIR.

“Karena rata-rata masyarakat kita banyak yang lupa dan tidak memahami pentingnya uji KIR,” katanya.

Ke depan, Dishubkominfo akan berkerja sama dengan Satlantas untuk menentukan satu titik di wilayah kota Timika sebagai zona tertib berlalulintas. Sehingga jika  terdapat kendaraan atau pengendara yang tidak tertib berlalulintas, tidak diperbolehkan melintasi zona tersebut.


“Memang untuk ke depannya kita harus semakin memperketat dalam menjalankan Tupoksi kami, khusus di bidang lalulintas jalan darat. Saya sudah coba bicarakan bersama Satlantas, dan mereka pun siap bekerja sama,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment