DKP Bakal Salurkan 100 Ribu Benih Ikan

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Asmat bakal menyalurkan bantuan benih ikan sebanyak 100.000  kepada kelompok pembudidaya di Kabupaten Asmat pada tahun ini.

Menurut Sekretaris DKP Kabupaten Asmat, Naomi Rentetampang, program ini sedang diajukan kepada pemerintah setempat. Apabila disetujui, maka pihaknya akan menyediakan 50.000 benih ikan bandeng dan 50.000 benih ikan nila.

“Terus pakannya juga disediakan 1.800 kilogram. Bantuan ini akan kita bagi di 11 kampung, di antaranya, Ewer, Yufri, Yepem, Iren, Airo, Aikut, Surusuru, Sayoa, Far dan Birak,” kata Naomi, baru-baru ini.

Sebelumnya, kata Naomi, dinas setempat telah memberikan bantuan kepada nelayan, baik berupa longboat viber, alat tangkap maupun peralatan pengolahan ikan. Sementara pembinaan dan pendampingan dilakukan oleh petugas penyuluh lapangan (PPL) perikanan.

“Selain oleh PPL, kita juga sering melakukan pelatihan pengolahan ikan, terutama untuk ikan asin. Ikan asin asal Asmat sangat diminati. Terutama masyarakat daerah pegunungan, seperti Yahukimo dan Nduga,” ujarnya.

Menurut dia, bantuan diberikan kepada kelompok, bukan perorangan. Sebelum bantuan disalurkan, dinas meneliti dan memverifikasi setiap kelompok nelayan yang ada, sehingga bantuan yang disalurkan itu tepat sasaran.

“Mereka harus membentuk kelompok berbadan hukum, lalu dilaporkan kepada kami atau mendaftar. Selanjutnya dibina dan diberdayakan. Kita kasih pelatihan, baik penangkapan maupun pengolahan,” katanya.

Naomi menyatakan hasil kelautan dan perikanan di Kabupaten Asmat sangat potensial. Hanya saja minat investor untuk mengolah potensi itu masih sangat kurang karena terbentur infrastruktur.

“Kalau di Asmat ini banyak ikan kakap, kuru, ikan bandang, udang, kepiting dan sebagainya. Untuk datangkan investor, kita harus siapkan dulu infrastrukturnya, seperti pembangkit listrik,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment