DKP Mimika Berkomitmen Tingkatkan Peralatan Nelayan Lokal

Bagikan Bagikan





SAPA (TIMIKA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, berkomitmen meningkatkan peralatan kerja nelayan lokal di wilayah itu, melalui bantuan yang akan disalurkan pada 2018.

Sekretaris DKP Mimika Marthinus Mautipiyau di Timika, Selasa mengatakan peralatan kerja nelayan lokal Mimika tersebut antara lain perahu penangkap ikan, motor tempel, "cool box", dan jaring.

"Kalau sebelumnya bantuan alat tangkap misalnya mesin ketinting sekarang kita ganti dengan motor tempel, atau alat tangkap jaring yang dulu hanya berkisar antara 80-100 meter kita akan tingkatkan menjadi 250-300 meter," ujar Marthinus.

Menurut dia, bantuan tersebut akan direalisasi pada 2018 menggunakan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2018 khusus untuk kelompok nelayan yang ada di wilayah Distrik Mimika Barat dan Mimika Tengah.

Bantuan pengadaan alat tangkap tersebut akan diserahkan dalam bentuk paket mulai dari motor tempel, perahu fiber, jaring dan "cool box" kepada masing-masing kelompok di dua distrik tersebut.

Dengan ditingkatkannya alat tangkap tersebut maka paket bantuan yang sebelumnya bisa menjangkau hingga 100 kelompok nelayan diperkirakan akan berkurang menjadi 70-80 kelompok nelayan, sebagai konsekuensi dengan peningkatan kualitas.

Marthinus juga mengatakan bahwa peningkatan alat tangkap nelayan khusus lokal di Mimika merupakan langkah strategis Pemkab Mimika dalam hal ini DKP untuk menjawab tuntutan nelayan lokal tentang alat tangkap yang tidak memadai dibandingkan dengan alat tangkap nelayan non Papua lain.

Untuk itu, ia berharap agar kedepannya dengan adanya bantuan peningkatan alat tangkap tersebut hasil tangkapan nelayan lokal Mimika akan meinngkat sehingga dapat bersaing dengan nelayan-nelayan non Papua lainnya. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment