DPU Siapkan 23 Miliar Dana Ganti Pagar

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika, Bonefasius Saleo, ST., M.Si mengaku telah menyiapkan dana ganti rugi pagar milik warga yang terkena dampak penggusuran di sepanjang jalan Cenderawasih sejumlah Rp 23 Miliar.

“Untuk ganti rugi pagar  itu DPU yang tanggung. Dan kita sudah siapkan dananya sebesar 23 miliar. Itu kita data mulai dari depan lampu merah tiga raja. Dan ditafsirkan mencapai seratus lebih pagar,” katanya kepada Salam Papua usai mengikuti sosialisasi pengadaan tanah Jalan Cenderawasih di Gedung Tongkonan, Jalan Hasanuddin, Jumat (22/9) lalu.

Menurutnya lokasi yang saat ini mulai dikerjakan dana ganti rugi pagar  akan dibayar sesuai kesepakatan bersama pemilik rumah. Apabila pemilik pagar menghendaki ganti rugi dalam bentuk uang, maka akan diberikan uang. Namun, pemilik yang menghendaki ganti pagar baru, DPU mengerjakan pagar sesuai kemauan pemilik pagar.

Sementara pemilik bangunan rumah yang juga terkena dampak, ia mengaku DPU pula membayar. Namun pembayarannya  akan disesuaikan dengan besarnya kerugian.

“Untuk pagar itu sesuai dengan kesepakatan bersama pemilik. Kalau memang mereka sendiri yang akan bangun pagar, maka kami akan kasi uang sesuai dengan besaran biaya pembangunannya. Sedangkan untuk rumah juga tetap kami bayar disesuaikan dengan berapa besar kerugiannya. Kalau lahan itu akan dibayar oleh pertanahan,” katanya.

Ia mengharapkan, masyarakat pemilik pagar harus bisa memberikan data atau dokumen yang sesuai dengan kenyataan. Karena, lancarnya pembangunan di Mimika sangat tergantung pada kerja sama dari masyarakat.

“Kami harap masyarakat mau bekerja sama, karena ini demi kemajuan kita bersama. Kalau memang pagarnya dibangun dengan biaya sekian, maka laporannya untuk digantikan juga harus sesuai. Dalam hal ini tidak boleh menabah-nambah,” harapnya. (Acik
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment