Gunakan Dana Desa Sesuai Perencanaan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Distrik Mimika Baru, Drs. Ananias Faot, M.Si menghimbau kepada pengguna anggaran dana desa di distriknya agar berhati-hati menggunakan dana desa. Ia menghimbau agar dana desa digunakan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan, Senin (18/9).
“Berdasarkan fungsi pengawasan dan pembinaan pada prinsipnya kita dari distrik ini menghendaki masyarakat itu menggunakan dana sesuai dengan rencana dalam tahun anggaran yang sudah ditetapkan.”

Menurut dia, penggunaan anggaran pembangunan dan pemerintahan harus sesuai rencana. Ia menegaskan bila keluar dari rencana yang sudah ditetapkan resiko ditanggung sendiri.
“Penggunaan anggaran tidak boleh keluar dari apa yang sudah ditentukan. Kalau keluar dari itu, maka sudah salah sehingga dapat dikatakan telah menyelewengkan dana dan resiko tanggung sendiri.”

Ia mencontohkan pernah terjadi masalah karena penggunaan belum sesuai. Di kampung Nayaro misalnya. Ia mengatakan dulu, dalam suatu perencanaan, ada item pembangunan pagar. Tetapi realisasinya tidak mencapai target karena pagar hanya dibangun sebagian saja. Padahal dana yang dikucurkan mencapai Rp. 30 juta.

Terkait pengawasan dari distrik, Faot mengatakan selama ini pengawasan yang dilakukan berupa himbauan dan monitoring terhadap kondisi pembangunan. (Korneles Materay)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment