Guru-guru Diminta Bentuk Karakter Siswa Sejak Dini

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Bupati Asmat, Elisa Kambu meminta agar para guru di Asmat  membentuk karakter anak-anak atau siswa-siswi sejak mereka masih di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD).

“Guru-guru itu harus berinisiatif membentuk kepribadian anak. Jangan hanya datang mengajar lalu pulang. Tapi harus juga mendidik dan mulai membnetuk karakter anak-anak kita,” kata Bupati Elisa Kambu, Rabu (13/9).

Bupati mengatakan, karakter atau budi pekerti dan mental anak sebaiknya dibentuk sejak mereka masih di jenjang pendidikan tingkat bawah. Menurut dia, akan sangat sulit membentuk karakter mereka pada usia remaja.

“Harus dipersiapkan dari sekarang, karena lebih gampang. Tapi kalau 5-15 tahun ke depan, lebih berat tantangan yang akan kita hadapi. Itu susah dibentuk, dan mereka mulai terjerumus ke hal-hal negatif,” katanya.

Ia menjelaskan, pembentukan karakter anak-anak sejak dini dimaksud agar masa depan generasi bangsa lebih baik. “Masa depan mereka memang menjanjikan, tapi penuh dengan tantangan. Karena itu memang harus dipersiapkan,” jelasnya.

Bupati Elisa Kambu menambahkan, pemerintah daerah tengah mencari solusi agar anak-anak di kampung yang mempunyai keinginan sekolah dapat mengenyam pendidikan selayaknya. Pemerintah juga memberikan motivasi kepada orang tua untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya.

“Peran orang tua agar anaknya tekun belajar dan rajin ke sekolah itu sangat diperlukan. Tapi dorongan orang tua ini, masih sangat minim. Pendidikan di Kabupaten Asmat tetap kita prioritaskan, begitu pun kesehatan,” ujarnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment