Hambatan Telekomunikasi di Agats

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Lemah atau kurangnya daya listrik menjadi persoalan tersendiri bagi power suplay sejumlah stasiun pemancar sinyal telepon atau base transceiver station (BTS) di Kabupaten Asmat.

Kepala Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Jamaluddin mengatakan, akibat kurangnya daya listrik, power suplay di sejumlah tower tidak berfungsi optimal.
“Suplai listrik di Asmat ini kurang, dayanya kurang besar. Itu sangat mempengaruhi kekuatan jaringan. Meski punya power suplay sendiri, tapi tetap membutuhkan pasokan listrik, yang cukup,” terang Jamaluddin, Kamis (7/9).

Ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu terjadi kerusakan power suplay milik Telkomsel sehingga jaringan di Agats tidak stabil. “Kami pinjamkan satu mesin genset 20 KVA ke Telkomsel, karena mereka punya rusak. Tapi itu juga tidak optimal,” ujarnya.

Terkait persoalan tersebut, katanya, Tim dari Telkomsel tengah melakukan survey berkaitan dengan power suplay.

“Mereka berencana mendatangkan mesin diesel dari Merauke, itu sekitar 50-60 KVA. Masalah jaringan itu karena pasokan listrik saja. Powernya kurang, makanya jaringan turun naik,” katanya.

Selain daya listrik, ungkap Jamaluddin, hambatan lainnya adalah cuaca. Menurut dia, stasiun-stasiun pemancar sinyal telepon di Asmat masih terkoneksi dengan satelit. Sehingga apabila cuaca mendung, otomatis jaringan terganggu.

“Kecuali kita sudah pakai Fiber Optic, maka itu akan lebih baik. Fiber optic bulan Oktober ini sudah bisa terpasang. Ya kita tetap berharap agar daya listrik ditambah, karena itu tidak hanya untuk kebutuhan telekomunikasi, tapi kebutuhan umumnya,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Halo.
    Saya adalah Bapak Rahel seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar pencarian tagihan Anda lebih jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

    ReplyDelete