HUT Ke-72, TNI Se-Garnizun Timika Gelar Upacara Tabur Bunga di PPI Poumako

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMKKA) – Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam memperingati HUT TNI, kali ini yang ke-72 di Kabupaten Mimika, TNI se-garnizun Timika menggelar upacara dan tabur bunga di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Poumako, Jumat (29/9) pagi. Kegiatan ini juga merupakan ziarah yang dilakukan untuk mengenang para pejuang yang gugur dalam mengusir penjajah demi kemerdekaan. Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Yosafat Indarto.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Windarto, Komandan Lanud (Danlanud) Timika, Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi, Komandan Satuan Radar (Dansatrad) 243 Timika, Letkol Lek Rani Partono, Komandan Detasemen Kavaleri (Dandenkav) 3/Serigala Ceta (SC), Mayor Kav Delvy Marico, serta Mayor Cpl Budi Purnomo dan Wakil Komandan Yonif (Wadanyon) 754/Eme Neme Kangasi (ENK), Mayor Inf Gunawan.

Danlanal dalam arahannya selaku pimpinan kegiatan ini, mengatakan, pelaksanakan upacara dan tabur bunga mempunyai makna mengenang perjuangan para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga mengusir penjajah. Sikap kesatria tersebut, kata Danlanal, perlu diteladani para prajurit TNI saat ini.

“Sebagai generasi penerus bangsa, harus menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Pertiwi ini, khususnya di Kabupaten Mimika. Dengan sasaran kepada generasi muda penerus bangsa, hendaknya terus menjaga nilai kejuangan yang telah dibangun oleh para pendahulu. Dan sudah sepantasnya kita menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan serta meneruskan cita-cita perjuangan bangsa,” kata Danlanal.

Seharusnya, kata Yosafat, tabur bunga yang dianggap juga melakukan ziarah ini, dilakukan di taman makam pahlawan (TMP). Namun karena di Mimika tidak ada TMP, sehingga diputuskan berziarah ke pelabuhan untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur di lautan Arafura.

“Di Timika kan tidak ada makam pahlawan,sehingga dilakukan di Laut Arafura guna mengenang para pahlawan yang gugur mendahui kita,” katanya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment