Kamtibmas Papua Terjamin Terima Kasih Polri dan TNI

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Tokoh Masyarakat Papua, Silas Natkime menyampaikan terima kasih kepada  Polri dan TNI yang telah berhasil menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Papua, termasuk di lingkungan kerja PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai salah satu obyek vital nasional di negara ini.

“Kami melihat peran Polri dan TNI di Papua ini sudah sangat bagus. Sehingga Papua, termasuk Mimika dalam kondisi aman dan nyaman. Secara khusus di lingkungan PT Freeport, kami lihat sudah mulai ada penjagaan dan pengamanan di Kuala Kencana dan area-area penting perusahaan yang lain. Semua ini dilakukan untuk memastikan Papua aman, Mimika aman dan PT Freeport aman. Bila situasi dan kondisi semua terjamin aman, maka kita semua dapat bekerja dan melakukan ativitas apa pun sesuai profesi kita, dan bisa menikmati hidup yang layak,” kata Silas saat bertandang ke Redaksi Salam Papua di Jalan Elang Timika, Senin (11/9).

Silas menjelaskan, Polri dan TNI melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya atas nama negara, untuk mengayomi dan melindungi seluruh masyarakat dan semua yang ada di negara ini. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, Polri dan TNI netral dan professional.

“Karena itu sebagai tokoh masyarakat Papua dan juga perusahaan, saya sampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI. Kekuatan dan kekompakan Polri dan TNI  ini luar biasa. Ke depan kerjasama seperti ini terus ditingkatkan untuk kepentingan rakyat Papua dan juga semua perusahaan dan lembaga apa pun yang ada di Papua. Untuk kepentingan kita semua,” ujar Silas yang juga salah satu Executive Vice President di PT Freeport Indonesia.

Silas juga mengingatkan masalah Kamtibmas di Papua ini tidak bisa hanya diserahkan kepada Polri dan TNI,  tapi harus menjadi perhatian dan dilakukan bersama seluruh masyarakat yang tinggal dan mencari hidup di Papua. Tidak bisa hanya berbicara Amungme dan Kamoro, atau tujuh suku saja.

“Di sini banyak yang bicara atas namakan Suku Amungme Kamoro. Tidak bisa atas nama dua suku, atau tujuh suku, karena di Mimika semua suku ada di sini, datang cari kerja, cari makan minum, menafkahi anak istri dan keluarga di daerah ini, termasuk di PT Freeport,” tegas Silas.

Menurut Silas, semua warga di Papua harus bersatu, menggalang kekuatan bersama, menjaga kamtibmas dan juga mencegah terjadinya hal-hal yang bisa menimbulkan perpecahan, merusak kedamaian dan persatuan yang ada. 

“Termasuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi, semua orang Papua harus bersatu, membangun satu kekuatan, sehingga Papua bisa menjadi lebih baik dan lebih maju. Demi kepentingan Pilkada, demi kepentingan rakyat, tidak bisa individu-individu, sukuis atau kelompok tertentu saja. Semua harus profesionalisme. Semua harus sadar bahwa keamanan itu menjadi tanggung jawab bersama. Nama Timika dan Papua, sudah sangat dikenal di manca negara, karena itu kalau Timika aman, Papua aman, maka itu membawa nama baik bagi negara, bagi pemerintah,” kata Silas.


Silas meminta semua warga di Papua, baik itu suku asli atau pendatang, untuk mendukung Polri dan TNI menjaga Kamtibamas,  di mulai dari wilayah dan lingkungannya masing-masing. “Secara khusus bagi warga Mimika, terlebih khusus karyawan perusahaan mana pun, termasuk PT Freeport, mari kita dukung perusahaan, perusahaan ini ada maka kita semua ada. Kalau perusahaan ini tidak ada, tidak mungkin kita semua ada di sini. Bila operasional perusahaan berjalan lancar, maka akan ada kontribusi yang besar bagi negara dan bagi Papua. Kita semua yang akan menikmati hasilnya,” kata Silas. (yol)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Halo,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Henrietta Fernando, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan kepada sesiapa yang memerlukan sebarang bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% untuk individu, syarikat dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. Hubungi kami hari ini melalui e-mel untuk memohon dan mendapatkan pinjaman segera: (henriettafernandoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete